Alat Bantu untuk Internet Sehat

Salam Internet Sehat!

internet sehatPerilaku kita ber-Internet berkaitan langsung dengan sedikit-banyaknya materi negatif yang mengancam kita. Semakin kita waspada dan tidak ceroboh ketika menggunakan Internet, maka akan makin kecil kemungkinan kita, anak, remaja atau anak didik kita terpapar berbagai materi negatif dari Internet. Salah satu langkah antisipasi untuk menangkal materi negatif tersebut adalah dengan menginstal software pengaman di komputer kita.

Yang harus diingat adalah, berbagai macam software yang tersedia tidaklah menggantikan peran orang-tua, guru ataupun komunitas dalam memberikan keamanan dan kenyamanan anak, remaja atau anak didik kita selama ber-Internet. Software hanyalah alat bantu, yang tidak bisa menjamin 100% menghalau materi negatif dari Internet

Secara umum, software pengaman tersebut terdiri atas:


• Software Parental (Filter, Monitor dan Penjadwalan). Software ini untuk mencegah anak sengaja atau tidak sengaja membukan dan/atau melihat berbagai gambar yang tak layak (pornografi, sadisme, dan sebagainya) yang terdapat di situs Internet. Software ini juga akan memudahkan orang tua ataupun pengasuh untuk memonitor aktifitas anak selama online dengan berbagai variasi metode pengawasan.

Fungsi lain dari software ini adalah untuk membatasi jumlah / durasi waktu anak dalam menggunakan Internet. Termasuk untuk pengaturan hari dan jam tertentu sehingga komputer dapat atau tidak dapat digunakan oleh anak untuk ber-Internet. Contoh software: K9 Web Protection (www.k9webprotection.com) dan Online Family Norton (http://onlinefamilyinfo.norton.com)

• Software Browser Anak. Software browser adalah yang menjadi perantara utama antara Internet dengan komputer yang digunakan. Browser anak secara umum telah dirancang untuk semaksimal mungkin menyaring berbagai situs, gambar atau teks yang tak layak diterima anak. Browser anak juga didisain untuk menarik dan mudah digunakan oleh anak. Contoh software: Kid Rocket (www.kidrocket.org)

• Software Anti-Spyware. Software ini secara khusus akan berfungsi mendeteksi dan mencegah program jahat seperti sypware dan adware yang gemar menyedot data-data rahasia / privasi kita secara diam-diam. Contoh software: Ad-Aware (www.lavasoft.de)

• Software Anti-Virus. Software ini untuk mencegah agar program jahat perusak data semisal virus, worm dan trojan horse bercokol dan berkembang-biak di komputer kita. Contoh software: AVG anti-virus (www.grisoft.com)

• Software Firewall. Software ini akan membantu kita mencegah orang jahil (semisal black hacker) yang berkeliaran di Internet dan mencoba menerobos masuk ke komputer kita untuk mencuri atau merusak data didalamnya, saat kita terhubung dengan Internet. Contoh software: ZoneAlarm (www.zonealarm.com)

Beberapa contoh software di atas memiliki versi berlisensi freeware (gratis dan bebas digunakan bagi pengguna individu ataupun non profit) ataupun shareware (gratis dan bebas digunakan dalam periode waktu tertentu).

[Tim Internet Sehat]

Comments

  1. Alat bantu yang paling baik sebenarnya ‘yang ada dalam diri kita’. Intinya adalah…. kata Pak Ustad, pengendalian diri! terimakasih…

  2. ya alhadulillah bagus dengan diciptakannya software untuk filter situs yang tidak baik cukup membantu bagi saya yang dikaruniai 4 anak, terima kasih kepada penciptanya kalau anda seorang muslim ini merupakan ilmu yang bermamfaat yang pahalanya mengalir terus walaupun yang menciptakan software ini sudah meninggal sampai akhir zaman.

  3. Terimakasih banyak atas informasi website proteksi yg sangat bermanfaat dan gratis lagi !!. Semoga yang membuat software dan membiarkan gratis diberikan Berkat yang Berlimpah dari Tuhan.
    Betul, namanya juga “alat bantu”, selebihnya tergantung kita yang menggunakan.

  4. setidaknya software ini bisa memprotek, tidak bablas tanpa penghalang. Semoga banyak manfaatnya Amin. Bagaimanapun juga anak HARUS kita PERHATIKAN DARI A sampai Z nya !!!