ICT Watch Disambangi “Bill Gates” dan Peneliti Internet India

Rabu (07/10/2009), ICT Watch kedatangan tamu jauh, Jessica Door dan Janet Sawaya yang merupakan utusan dari Yayasan Bill Gates. Mereka datang ke kantor ICT Watch ditemani oleh perwakilan dari Komnas HAM dan Ikatan Sarjana Ilmu Perpustakaan dan Informasi Indonesia (ISIPII).

Tujuan Jessica dan Janet terbang dari Seattle, Washington ke Indonesia adalah untuk memetakan dan mendapatkan gambaran tentang perkembangan teknologi informasi dan komputer (TIK) dari berbagai nara sumber, selain tentunya mengenal lebih jauh tentang ICT Watch dan kegiatannya.

Bertempat di basecamp ICT Watch, Jessica dan Janet mengawali pembicaraan dengan memperkenalkan program Global Libraries Initiatives (GLI). Ini adalah salah satu program Yayasan Bill Gates yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui peningkatan akses internet gratis di Perpustakaan Umum. Saat ini GLI telah dilaksanakan di kawasan Amerika Latin, Eropa Timur, Afrika dan Vietnam. Indonesia adalah negara kedua di Asia untuk diselenggarakannya program ini.

Beberapa masukan diberikan ICT Watch terkait program ini, antara lain belum optimalnya pemanfaatan telecenter ataupun warnet di Indonesia untuk mencari, mengelola dan bahkan memproduksi pengetahuan, kondisi perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dewasa sini, serta fakta masih banyaknya masyarakat yang belum memiliki dan belum familiar dengan komputer, terlebih lagi untuk mendapatkan akses Internet secara layak dan murah.

Kegiatan GLI, menurut keterangan Jessica dan Janet, akan difokuskan untuk memfasilitasi perpustakaan umum dan telecenter dengan akses komputer dan internet secara gratis. Beberapa tenaga ahli juga akan disiapkan. Melalui program ini, diharapkan semakin banyak masyarakat yang mengetahui manfaat apa saja yang didapat dari komputer dan internet, sehingga wawasan masyarakat semakin terbuka dan taraf hidup semakin baik.

Beberapa program kegiatan ICT Watch seperti Internet Sehat versi rakyat, lab komputer swadaya masyarakat, pelatihan komputer dan Internet untuk guru-guru dan UKM dan riset bekerjasama dengan lembaga di lembaga luar negeri ternyata menarik perhatian kedua perempuan cantik asal Amerika tersebut.

Keduanya antusias mendengarkan penjelasan mengenai program-program tersebut sambil menyantap jajanan tradisional yang disuguhkan. Pujian pun dilontarkan ketika melihat lab komputer yang notabene dibangun dari sejumlah komputer bekas. “This is very good,” cetus salah satu perwakilan yayasan tersebut.

billmelindagates2

[Foto: ICT Watch memberikan penjelasan tentang lab komputer kepada Yayasan Bill Gates]

billmelindagates1

[Foto: ICT Watch (kiri) memberikan cenderamata kepada utusan Yayasan Bill Gates]

Peneliti Open-Net Initiative – India

Sepak terjang Internet Sehat versi rakyat yang digagas ICT Watch semakin lebar dan mendapat banyak sorotan dunia internasional. Asia salah satunya. Selain disambangi Yayasan Bill Gates, kami juga kedatangan tamu dari peneliti Open-Net Initiative chapter India pada Senin lalu (05/10/2009).

Peneliti tersebut adalah Namita Malhotra, peneliti hukum dan praktisi media yang aktif di Alternative Law Forum di Bangalore, India. Perempuan yang energik ini tengah membuat film dokumenter tentang praktek atau budaya sensor dan pengawasan pada ranah Internet yang terjadi di sejumlah negara di Asia.

Selain itu, kunjungannya ke ke basecamp ICT Watch juga untuk mengetahui lebih jauh gerakan advokasi Internet Sehat, termasuk kegiatan yang dilakukan termasuk workshop dan pelatihan. “Nice place,” puji Namita saat melihat Lab Komputer Sehat yang ICT Watch bangun untuk kegiatan pelatihan komputer dan internet.

india1

[Foto: Namita (kanan), dan timnya tengah mewawancarai ICT Watch (kiri)]


india2

[Foto: ICT Watch (kiri) memberikan cenderamata kepada Namita]

[Tim Internet Sehat]

Comments

  1. Pencerah says:

    wah, mangtafff
    kapan2 ane harus kesana nich

  2. […] jumlah peneliti yang tertarik berdiskusi dengan ICT Watch. Juga belum lama berselang, utusan dari Bill Gates Foundation dan Peneliti Internet India juga menyempatkan diri berdiskusi di Pasar […]