Kolaborasi Blogger Surabaya dan Relawan Pengajar Pasar Minggu

Blogger Tugu Pahlawan dotCom (TPC) Surabaya dan relawan pengajar berdiskusi lepas dan santai di basecamp ICT Watch, Pasar Minggu. Benang merah diskusi adalah bagaimana meningkatkan kolaborasi agar bisa memberdayakan masyarakat dengan pemanfaatan teknologi informasi.

blogger-surabaya

[Foto: Novi Setiyarso (kedua dari kiri) dan Novianto (kedua dari kanan), diapit oleh Acep (paling kiri) dan Arief (paling kanan) dari ICT Watch]

Novi Setiyarso dan Novianto Puji Rahardjo, keduanya adalah blogger yang tergabung dalam komunitas Tugu Pahlawan dotCom (TPC) meluangkan waktunya pada hari Selasa sore (26/10/2009) untuk berdiskusi dengan aktifis ICT Watch di basecamp Pasar Minggu. Sejumlah ide-ide saling digelontorkan. Salah satunya adalah rencana untuk melakukan kegiatan berbagi informasi bersama di Surabaya, khususnya terkait dengan tren penggunaan media baru (Internet) bagi kebebasan berekspresi berikut dampak dan relevansinya pada aspek hukum dan sosial.

Diskusi berlangsung cukup hangat, dari sekitar pukul 18.00 s/d 20.00 WIB. Keesokan harinya, teman-teman blogger dari Surabaya tersebut menyempatkan waktu untuk meninjau pelatihan komputer bagi guru-guru yang dilakukan oleh teman-teman relawan pengajar di Pasar Minggu.

Diskusi Relawan

Kemudian pada Jumat (30/10/2009), juga bertempat di basecamp Pasar Minggu, diadakan gathering perdana para teman-teman relawan pengajar yang memiliki good-will untuk memandaikan masyarakat sekitar. Sekitar 10 (sepuluh) relawan hadir untuk saling berkenalan dan tentu saja berbagi pengalaman.

Beberapa diantaranya adalah Agus Sampurno (guru dari Global Jaya Bintaro), Abdullah Sudarmo (trainer dari PraxisIQ), Hiza Ro (a.k.a. Kapten dari komunitas disainer  Blender Indonesia), Ahmad Suwandi (dari aktifis Air Putih), M Akbar Marwan (dosen dari Universitas Gunadarma), Aminudin (mahasiswa Universitas Gunadarma), Pengki Pujiastuti (atas nama pribadi), Novan (guru dari SD Pasar Minggu 05 Pagi) dan teman-teman dari ICT Watch.

Para relawan, bersedia meluangkan waktunya untuk berbagi pengetahuan dan pengalamannya dalam bentuk pelatihan kepada masyarakat dan bapak/ibu guru dari sekolah di sekitar basecamp Pasar Minggu. Saat ini kegiatan pelatihan baru diadakan 2 (dua) kali per minggu, yaitu Rabu (pukul 12.30 s/d 14.00 WIB) dan Jumat (10.30 s/d 12.00 WIB). Tempat telah disediakan 2 (dua) buah lab komputer + Internet, yang masing-masing terisi 10 PC.

Tidak menutup kemungkinan, jika memang kedepannya kebutuhan makin meningkat, durasi pelatihannya akan ditambah. Bisa lebih dari 2 kali per minggu, dan bisa pula lebih dari 90 menit per harinya.

relawan-gathering

[Foto: Suasana diskusi saat gathering relawan pengajar di Pasar Minggu]

Gathering dimulai pukul 16.00 WIB dan diakhiri pukul 19.00, setelah break untuk shalat Maghrib dan makan malam sederhana. Di akhir acara, ICT Watch secara simbolik menyerahkan 2 (dua) set PC refurbished donasi dari PT Petrosa Tbk., kepada SD Pasar Minggu 05 Pagi. PC tersebut akan dimanfaatkan oleh para guru di sekolah tersebut untuk aktifitas penyiapan proses belajar-mengajar, penyusunan materi soal dan kegiatan administrasi terkait lainnya. Tentu saja, agar piawai mengoptimalkan PC tersebut, sejumlah bapak/ibu guru dari sekolah tersebut tengah melakukan pelatihan dasar tentang aplikasi perkantoran di basecamp Pasar Minggu, dengan tutor para relawan yang budiman.

donasi-pc

(Foto: Novan, guru SD Pasar Minggu 05 Pagi (kiri) secara simbolik menerima donasi PC yang diserahkan oleh ICT Watch)

[Tim Internet Sehat]

Comments

  1. Wongndeso says:

    Wuih mantaab … Mas Novi melebarkan sayabnya sampai Jakarta Juga … top Markotob … oih

  2. sendy says:

    duet novi guanteng guanteng…. senyume gak kuat mas… hehehe 😀

  3. abdullah says:

    semoga lancar terus ya bos…

  4. budiono says:

    luar biasa kegiatan seperti ini sangat positif dan perlu terus dikembangkan

  5. Orang yang seperti inilah yang patut di tiru dan di contoh..

  6. krozbonek says:

    hadiahnya keyboard.mau mau mau