Ngeblog Modal Sendal Jepit, Upaya Positifkan Internet di Pesantren

Program Internet Sehat Blog Award (ISBA) ternyata memberi inspirasi bagi pesantren Al Hikmah 2 di Bumiayu – Jawa Tengah. Mereka membuat “Santri Award“, berhadiah sandal jepit!  Ditengah kesederhanaannya, pesantren tersebut berjuang memberdayakan Internet bagi para santrinya. Luar biasa!

Menurut Lukman Muttaqin, salah seorang pengurus pondok pesantren tersebut melalui e-mail kepada kami, Santri Award mereka jadikan semacam versi mini ISBA karena hanya berlangsung di dalam kompleks pondok pesantennya.

“Alasan kami mengadakan program ini adalah semata untuk memberdayakan santri dengan budaya internet yang sehat dan bermanfaat dalam lingkungan pondok pesantren,” ujar Lukman. Memang disadarinya, masih ada kekuatiran di antara para pengasuh pesanten tentang dampak negatif dari Internet bagi para santrinya. “Misalnya kekuatiran akan berubahnya perilaku santri ketika mereka mengenal internet, seperti turunnya prestasi atau hal lainnya akibat kecanduan terhadap Internet,” tambahnya.

Lukman pun berharap dengan mengadopsi gerakan ISBA menjadi Santi Award tersebut, sedikit-banyak akan mampu meminimalisir kesan ataupun dampak negatif yang timbul dari Internet di lingkungan internal pesantrennya.

Sandal Jepit

Lomba yang untuk internal santri pondok pesantren Al Hikmah 2 ini, adalah menilai tulisan / artikel, bukan blog secara keseluruhan. Menurut Lukman, hal ini mengingat kondisi santri  sendiri belum terbiasa membuat content. Mengenal internet pun masih baru, demikian pula dengan blog.

“Hadiah berupa akses gratis internet beberapa jam ditambah sandal jepit,” ujarnya. Hal ini karena pihaknya menyesuaikan diri dengan kesanggupan dan kesederhanaan.  “Yang penting bagi kami program bisa berjalan kontinyu,” tegasnya. Tentu saja, semangat ini, dengan segala kesederhanaan yang ada, sangat pantas untuk dihargai dan diganjar dengan acungan jempol. Top!

Insya Allah, Tim Internet Sehat akan menawarkan tambahan hadiah untuk memotivasi para santrinya dalam mengikuti Santi Award. Hadiah tersebut bisa berupa beasiswa ataupun voucher buku / alat tulis. Anda berminat turut nyawer hadiah?

Atau Anda punya kisah lain tentang kegiatan “Internet Sehat” versi lokal / daerah / sekolah atau kampus Anda? Kirimkan kepada kami melalui email surel [at] ictwatch.com untuk kami muat!

Untuk info inspirafit selanjutnya terkait keberadaan Internet di Pesantren Al Hikmah 2, silakan membaca :

[BUD / Tim Internet Sehat]

Comments

  1. saifuna says:

    maju terus alhikmah ( yahoo ) 😀

  2. chusnul says:

    kenapa hadiahnya bukan sarung? salut!