Ketika Tukang Becak Lebih Ngerti Internet Daripada…

Silakan isi titik-titik pada judul di atas, sesuai keinginan Anda. Yang pasti, tukang becak yang akun twitternya @harryvanyogya ini bukan tukang becak biasa. Beliau adalah tukang becak yang piawai menggunakan sosial media untuk mencari pelanggan dan mempromosikan pariwisata Jogjakarta hingga ke mancanegara.

Tim @internetsehat pada 12 Mei 2011 berhasil menghadirkan Blasius Haryadi, demikian nama asli tukang becak tersebut, ke GoetheHaus pada acara kelas akbar media sosial yang bekerjasama dengan @akademiberbagi

Dalam acara tersebut, @harryvanyogya sempat satu panggung dengan dedengkot IT Indonesia @onnowpurbo dan peneliti kampiun dari Manchester University @yanuarnugroho. Acaranya sendiri seru, diikuti oleh sekitar 250 peserta. Ada pemutaran film Linimas(s)a, diskusi tentang media sosial, pameran teknologi OpenBTS oleh Yayasan Air Putih, sharing soal kondisi korban lumpur Lapindo dari teman2 @korbanlapindo / KorbanLumpur.info, dll.

@yanuarnugroho dalam kesempatan ini memaparkan hasil riset yg berjudul “Indonesian Citizens in Action”, kerjasama antara Manchester University degan HIVOS. Hasil penelitian tersebut dapat di-download bebas, baik yg bahasa inggris ataupun bahasa indonesia.

Acara tersebut didukung sepenuhnya oleh HIVOS, XL-Axiata, Detikcom dan Norton Symantec. Yang keren, acara ini juga di-streaming-kan oleh tim @Blogvaganza / blogvaganza.com sehingga bisa ditonton hingga Ambon dan kota lainnya di Indonesia dengan lancar.

Launching Film dan Buku Linimas(s)a

Oh ya, dalam kesempatan acara yang sama di atas, tim @internetsehat sekaligus meluncurkan secara resmi film dokumenter  dan buku Linima(s)a. Silakan kunjungi situs http://linimassa.org untuk cari tahu sekilas tentang film tersebut. Untuk di Jakarta, sepanjang Mei  2011 film tersebut dapat ditonton di Kineforum Cinema, TIM — Cikini setiap Sabtu atau Minggu sore. Silakan cek jadwal lengkapnya di website Kineforum.

Alternatif lain, silakan tonton di Youtube: chapter 1 of 4: http://youtu.be/43xXDNQV_QY , chapter 2 of 4: http://youtu.be/oT-KXq4lqTI , chapter 3 of 4: http://youtu.be/Jxv18ZUJo5s , chapter 4 of 4: http://youtu.be/r55dUydoLyU

Adapun buku Linimas(s)a, ini adalah buku kolaborasi 16 penulis jagoan! Dari doktor s/d tukang becak, dari dirut s/d entrepreneur, dari konsultan sosial media s/d motivator tuna netra. Seperti apa isinya? Mohon bersabar yaa, karena saat ini sedang proses revisi final sebelum benar-benar diluncurkan ke publik luas. Nanti format ebook-nya akan dapat didownload secara bebas!

nb:

pada hari senin tanggal 9 Mei 2011, tim @internetsehat sambangi gedung DPR RI di Senayan – Jakarta. Ngapain? Yang pasti niat kami baik, yaitu membagi-bagikan booklet Internet Sehat dan DVD Film Linimas(s)a ke para anggota dewan usai mereka sidang paripurna.

httpv://www.youtube.com/watch?v=CU6quP0x-i4

Lumayanlah, kalau diitung2, setidaknya 200-250 booklet + DVD tersebut tersampaikan langsung ke tangan anggota dewan tersebut. Mengapa ini kami lakukan? Ini sekedar bentuk kepedulian kami agar anggota dewan makin banyak yang ngerti Internet + social media berikut dengan manfaat2-nya. Jangan sampai anggota DPR kalah ngerti Internet daripada…..

by: @donnybu / donnybu.com

 

 

Comments