Tiga Kunci Cinta di Hari Jadi Blogger Bekasi ke-3

Oleh: Frenavit Putra

[Internet Sehat]  Sabtu (8/9/2012),  Gedung Balai Patriot Pemkot – Bekasi sejak pagi sudah riuh dengan kehadiran teman-teman Blogger dari Kota Bekasi untuk mengikuti puncak acara ulang tahun ke-3 Komunitas Blogger Bekasi. Hari jadi Blogger Bakasi sendiri sejatinya bukan jatuh pada tanggal 8 September, melainkan pada tanggal 17 Agustus. Ya, 17 Agustus 2009, secara resmi oleh teman-teman Blogger dari Bekasi dipilih sebagai hari lahir Blogger Bekasi.

Acara yang dimulai dari pukul 8.30 WIB ini dibuka dengan tarian khas daerah Bekasi yang dibawakan oleh adik-adik dari SD Bani Saleh, kemudian disusul sambutan-sambutan. Sambutan pertama dibawakan oleh perwakilan Panitia Ultah ke-3 Blogger Bekasi, Eko SHP Wakil Ketua Blogger Bekasi, dan pembacaan sambutan Wali Kota Bekasi yang dibacakan oleh Kepala Bagian Telematika Bekasi.

Seusai sambutan, acara selanjutnya adalah acara seremonial ulang tahun Blogger Bekasi yang ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Wakil Ketua Blogger Bekasi, Eko SHP, yang kemudian diserahkan secara simbolik kepada Ibu Kepala Bagaian Telematika Bekasi.

Di acara puncak ulang tahun ke-3 Blogger Bekasi ini panitia tidak hanya sekedar membuat acara kopdar, potong tumpeng, makan-makan, kemudian pulang. Panitia berusaha membuat acara ini penuh dengan manfaat, sehingga teman-teman Blogger yang hadir dapat membawa ilmu dan hal yang bermanfaat  ketika mereka pulang. Untuk mewujudkan hal tersebut, panitia menghadirkan beberapa narasumber untuk berbagi di acara ini. Narasumber tersebut diantaranya, perwakilan Nawala Nusantara, Valencia M R / @justsilly (aktifis Blood For Life), dan sang Inspirator kondang Jamil Azzaini / @Jamil Azzaini.

Diskusi pertama dibuka dengan paparan dari perwakilan Nawala Nusantara, yang memaparkan program-program Nawala Nusantara  untuk mewujudkan atmosfer Internet yang bersih dan aman. Setelah pemaparan dari perwakilan Nawala Nusantara, pemaparan selanjutnya datang dari aktifis Blood for Life yang namanya akrab dipanggil dengan panggilan Silly. Pemaparan beliau melengkapi apa yang dipaparkan oleh perwakilan Nawala Nusantara tentang bagaimana Internet bisa menjadi sebuah media yang bisa digunakan untuk meraih sukses. Beliau mencontohkan bahwa dengan mengoptimalkan layanan di Internet untuk hal-hal yang bermanfaat dan konsisten melakukannya, hal kecil yang mungkin banyak orang menganggap sepele bisa menjadi hal yang luar biasa dan bermanfaat. Bahkan bermanfaat secara materi.

Seusai Tanya jawab diskusi sesi pertama, Balai Patriot Pemkot Bekasi dibuat memanas oleh narasumber yang kehadirannya telah ditunggu-tunggu. Beliau adalah sang inspirator kondang, Jamil Azzaini. Karena sebagaian besar audience yang hadir adalah blogger, maka pemaparan beliau di acara Ulang Tahun Ke-3 Blogger Bekasi, beliau memberikan motivasi kepada teman-teman Blogger untuk “Mencintai Blog”.

Di awal pemapaparnnya, inspirator yang akrab dipanggik kakek Jamil ini memaparkan statistik dari blognya yang menunjukkan nilai yang luar biasa. Apa yang dilakukan beliau ini bukanlah untuk pamer, tetapi untuk memotivasi audience yang hadir bahwa dengan “Mencintai Blog” kita bisa mendapatkan apa yang Kakek Jamil dapatkan untuk Blognya.

Setelah panjang lebar menjelaskan bagaimana statistic Blog beliau, beliau memberikan 3 kunci CINTA pada Blog kita sendiri. Kunci Cinta pada Blog dari Kakek Jamil Azzaini.

  1. Cintai Blogmu dengan Update Secara Rutin

Kakek Jamil menjelaskan bahwa sebagai seorang blogger, tugas kita adalah posting dan update Blog. Jangan biarkan Blog kita kering tanpa update sama sekali. Jika kita membiarkan Blog tidak update berarti kita tidak menghargai pembaca blog kita, pembaca akan enggan untuk datang ke Blog kita meskipun tulisan kita bagus karena ketika datang, ternyata tulisan yang ada adalah tulisan basi.

Tips untuk mewujudkan hal ini adalah, bikin deadline pada diri sendiri untuk update blog setiap berapa hari sekali, jangan sampai tidak. Kemudian umumkan bahwa kita akan update blog  dalam jangka waktu tertentu, lalu tepati. Contoh ekstrem, kakek Jamil mengumumkan bahwa beliau akan update blog setiap hari dan wajib muncul maksimal jam 8 pagi.

  1. Cintai Blogmu dengan menulis tulisan yang mudah dipahami oleh pembaca

Membuat tulisan blog memang bukanlah perkara mudah, namun kita juga tidak harus mempersulit diri dengan menulis hal-hal yang sulit dipahami oleh pembaca Blog kita, ungkap Kakek Jamil. Buatlah tulisan yang mudah dipahami oleh pembaca, gunakan bahasa yang biasa dan mudah dicerna.

  1. Cintai Blogmu dengan Menebar Energi Positif

Tebar energy postif di setiap postingan blog. Menulis posting yang berisi kegalauan atau caci maki, maka yang akan datang ke kita adalah hal-hal yang negatif  juga. Dengan menulis arikel yang bermanfaat bagi orang di sekitarmu, maka blogmu akan membawa manfaat bagi diri kita sendiri. Hal ini sesuai apa yang dirasakan beliau, karena blog beliau bisa menjadi banyak dikenal orang. Bahkan beberapa buku beliau adalah versi cetak dari postingan di Blog beliau.

Tidak hanya membagikan kunci Cinta kepada Blog, di penghujung pemaparan, beliau memberikan 3 tips bagaimana seorang blogger bisa menjadi Blogger Sukses Mulia. 3 Tips tersebut yaitu:

  1. Blogger Harus Punya Mimpi yang Menantang

Untuk menjadi Blogger Sukses, Kakek Jamil berpesan bahwa kita nge-blog harus punya mimpi. Mimpi yang menantang. Mimpi kedepan blog kita akan menjadi apa. Kenapa demikian? Karena kebanyakan blogger adalah blogger yang tak punya mimpi, hanya ikut-ikutan. Tentukan mimpimu mau seperti apa blogmu, buat mimpi yang menantang, kemudian wujudkanlah

  1. Blogger Tak Cukup Hanya Baik, Tetapi Berikanlah yang Terbaik.

Blogger tak hanya sekedar menulis dan posting, tapi berikanlah tulisan atau postingan yang tak sekedar baik, tetapi berilah yang terbaik. Postingan yang terbaik adalah postingan yang layak baca dan layak dikomentari, bukan postingan asal. Ungkap kakek Jamil.

  1. Cintailah Pembaca Blog Kita

Ini adalah hal yang banyak tidak diperhatikan oleh para blogger. Sebagaian besar Blogger hanya mengejar Traffic, Page Rank, dan Alexa Rank, tanpa memperdulikan pembaca. Akibatnya tulisan dibuat asal-asalan. Yang penting ada, tetapi tidak membawa manfaat.

Tips dari kakek Jamil adalah, selalu update blog secara berkala dan selalu tanyakan “Apa Manfaat Buat Pembaca?” sebelum kita memposting Blog.

Setelah break makan siang, acara dilanjutkan dengan acara rileks dengan hiburan Stand Up Commedy dari salah satu Comic asal bekasi. Comic sukses mengocok perut yang hadir dengan banyolan-banyolan seputar kota Bekasi.

Di penghujung acara, dilakukan penyerahan BeBlog Award kepada komunitas Inspiratif yang ada dibekasi. Komunitas yang mendapatkan award tersebut adalah komunitas Tangan di Atas (TDA) Bekasi dan Akademi Berbagi Bekasi.

Selamat ulang tahun ke-3 Blogger Bekasi, Sukses selalu. [Internet Sehat]

Foto: ICT Watch