Happy Safer Internet Day 2014! (SID 2014)

tabletsforschools.org.uk

Setiap tanggal 11 Februari diperingat sebagai Safer Internet Day. Di tahun 2014 ini tema yang dimunculkan adalah Let’s create a better internet together. Sebuah tema yang cukup banyak memiliki arti, tentunya. Bila dilihat lebih jauh, penekanan Safer Internet Day setiap tahunnya adalah pada anak-anak dan remaja. Di situs saferinternetday.org dikemukan bahwa :

Safer Internet Day (SID) is organised by Insafe in February of each year to promote safer and more responsible use of online technology and mobile phones, especially amongst children and young people across the world.

Beberapa negara berpartisipasi secara aktif dalam Safer Internet Day 2014. Sayangnya menurut Insafe belum ada komite formal yang secara resmi mengadakan Safer Internet Day di Indonesia. Namun hal itu bukanlah suatu halangan.

Internet Sehat bekerja sama dengan berbagai organisasi terutama Relawan TIK Nasional mengadakan sangat banyak kegiatan dalam rangka Safer Internet Day 2014. Kegiatan tersebut tiada lain menumbuhkan kesadaran betapa pentingnya keamanan anak-anak dan remaja ketika mereka online.

Perlu diketahui, anak-anak dan remaja sudah sangat banyak yang menggunakan internet. Sebagian mungkin ada orang tua yang mengawasi, sebagian besar malah tidak ada pengawasan sama sekali. Hal ini membuat anak-anak sangat rentan terhadap kejahatan online yang mungkin saja menimpa mereka.

Lebih jauh, anak-anak dan remaja saat ini sangat akrab dengan berbagai gadget, misalnya smartphone dan tablet. Hal ini merupakan tantangan yang tidak kurang sulitnya mengingat anak-anak dan remaja hanya sebatas  bisa menggunakan, tetapi tidak bisa meminimalisasi risiko yang mungkin timbul, yang suatu waktu bisa menimpa mereka karena online melalui gadget.

Selain itu sangat banyak perilaku tidak bertanggung jawab yang dilakukan remaja ketika mereka online. Bullying merupakan perilaku umum yang sering dilakukan dan menimpa remaja.

Untuk itulah perlunya penanaman tanggung jawab bagi remaja ketika mereka online. Untuk itulah perlunya kesadaran banyak pihak untuk memberikan pengawasan dan arahan bagi anak dan remaja agar mereka aman dan bertanggung jawab ketika online.

Momen Safer Internet Day 2014 ini wajib dijadikan sebagai landasan untuk makin meningkatkan kampanye berinternet sehat dan bertanggung jawab. Kampanye tidak hanya ditujukan kepada anak-anak dan remaja, tetapi juga kepada orang tua dan guru karena mereka merupakan orang yang dekat dengan anak-anak dan remaja.

Bagi orang tua, mari kita sadari bahwa anak dan remaja perlu arahan dan pengawasan ketika mereka online. Orang tua harus paham risiko gadget yang diberikan kepada anak agar bisa melakukan pengarahan dan pengawasan dengan baik.

Bagi guru, ada perlunya setiap saat mengingatkan anak didik untuk selalu lebih giat belajar. Penanaman manfaat dan risiko berinternet perlu terus dikampanyekan agar anak didik bisa mengambil banyak hal positif di internet dan menghindari efek negatif internet.

Happy Safer Internet Day 2014. Let’s create a better internet together!

Sumber Gambar: tabletsforschools.org.uk