300 Ribu Situs Masih Berisiko Heartbleed

cybershack.comSebulan setelah diumumkan ke publik tentang adanya bug Heartbleed ternyata masih ada sekitar 300 ribu lebih situs yang masih berisiko terhadap bug tersebut. Ini artinya, situs-situs tersebut belum memberikan update sama sekali terkait Open SSL mereka. Hal ini merupakan sesuatu yang aneh mengingat betapa berbahayanya bug Heartbleed.

Menurut ahli keamanan, setengah (300 ribu lebih) dari situs-situs yang terkena bug Heartbleed sebulan yang lalu di mana situs tersebut membuka informasi password dan informasi pengguna lainnya belum memberikan update untuk menyelesaikan masalah bug Heartbleed tersebut. Ahli keamanan merasa aneh mengapa situs-situs tersebut tak kunjung memberikan update.

Dalam laporannya, ahli keamanan dari Errata, yaitu Robert Graham mengatakan bahwa ia telah memindah lebih dari 1,5 juta server. Ia mengatakan, setelah sebulan berlalu, ia menelusuri ulang port 433 untuk melihat seberapa banyak yang masih rentan terhadap bug Heartbleed.

Sebulan yang lalu ia menemukan sekitar 600 yang rentan terhadap risiko bug Heartbleed, namun penelusuran kembali membuktikan bahwa 300 ribu situs, tepatnya 318.239 situs masih berisiko terkena Hearbleed karena situs tersebut belum memberikan perbaikan.

Hal yang cukup aneh tentunya karena bug Heartbleed ini sungguh berbahaya. Sayangnya, situs-situs yang masih berisiko Heartbleed tersebut tidak dinyatakan secara detail.

Sumber: dailymail.co.uk

Sumber Gambar: cybershack.com