Smartphone dan Tablet Bikin Stress

venusbuzz.com

Pengguna perangkat bergerak telah mengubah cara banyak orang dalam memeriksa email yang terkait dengan pekerjaan. Kini, dengan ketersediaan perangkat bergerak seperti smartphone dan tablet, email dapat dicek di mana saja dan kapan saja. Namun, satu hal yang perlu anda perhatikan, ternyata menurut survei terbaru kegiatan memeriksa email melalui smartphone dan tablet ini bisa meningkatkan risiko stress.

Menurut survei tersebut, menggunakan ponsel dan tablet untuk mengakses email kantor di luar jam kantor secara dramatis dapat meningkatkan tingkat stress. Tentu saja, penelitian ini dapat memiliki implikasi besar bagi mereka yang bekerja jauh dari kantor karena biasanya mereka selalu mengakses email kantor di luar jam kantor. Akan tetapi perlu juga diketahui bahwa mereka yang bekerja jarak jauh atau remote dinilai memiliki kualitas hidup lebih baik daripada mereka terjebak bekerja di kantor.

Survei ini dilakukan oleh Gallup dengan cara mewawancarai 2.475 orang pekerja dewasa di Amerika Serikat. Dari survei ditemukan hampir setengah dari pekerja yang sering memeriksa email untuk pekerjaan di luar jam kerja biasa dilaporkan mengalami stress lebih banyak daripada hari sebelumnya. Angka ini jauh lebih tinggi dari mereka yang mengalami stress, tetapi  tidak pernah mengirim email untuk bekerja di luar jam kerja yang sebesar 36%.

Survei juga menemukan bahwa pekerja yang menggunakan teknologi mobile lebih sering di luar jam kerja lebih mungkin untuk mengalami stress pada suatu hari tertentu. Namun, tentu juga perlu diperhatikan, bekerja secara remote dengan memanfaatkan teknologi, ternyata memiliki dampak terhadap terhadap kualitas hidup yang lebih baik dibandingkan dengan mereka yang menetap di kantor.

Sumber: Gallup

Sumber Gambar: venusbuzz.com