Melindungi Data Pribadi dari Ancaman Hacker di eBay

turner.com

Beberapa hari yang lalu, situs lelang terkenal eBay mendesak para penggunanya untuk mengganti password mereka terkait serangan cyber terbesar yang pernah dialami oleh situs lelang tersebut karena hacker bisa menembus data 233 juta pengguna eBay.

Sebagai pengguna eBay tentu anda berharap kejadian serupa tidak terulang di masa depan. Untuk itu, anda perlu mencegahnya dengan melindungi akun anda dari pencurian oleh hacker. Pertanyaannya, bagaimana caranya? Cara berikut dapat anda jalankan dengan mudah.

1. Berikan Data Seminimum Mungkin

Cara paling aman adalah tidak memberikan data pribadi kepada siapapun di internet namun, tentu cara ini mustahil. Untuk itu, karena tidak bisa tidak harus memberikan data pribadi, maka berikanlah data pribadi sesedikit mungkin. Hindari memberikan detail informasi, jika memang tidak diminta atau disyaratkan. Pertimbangkan risiko atas pemberian data pribadi tersebut sehingga Anda bisa menahan diri untuk memberikan data yang lebih rinci.

2. Jangan Berikan Detail Kartu Kredit di Setiap Toko

Detail kartu kredit merupakan informasi paling berharga yang anda miliki. Tidak heran hacker kriminal biasanya menyasar informasi detail kartu kredit tersebut. Untuk itu, pertimbangkanlah untuk tidak selalu menggunakan kartu kredit anda ketika berbelanja di eBay. Gunakanlah metode bayar yang lebih aman seperti Paypal karena dengan Paypal anda tidak perlu memberikan detail informasi kartu kredit anda ke setiap toko tempat anda berbelanja.

Layanan lain juga tersedia untuk melindungi informasi kartu kredit anda, misalnya Google Wallet dari Google  atau V.me dari Visa. Dengan menggunakan jasa pihak ketiga ini anda lebih aman karena informasi kartu kredit anda ada di pihak ketiga tersebut. Untuk itu, anda perlu memagari akun anda di pihak ketiga tersebut dengan password terkuat yang bisa anda buat.

3. Pertimbangkan Untuk Memberikan Nomor Telepon Lain

Banyak sekali layanan yang memerlukan verifikasi melalui nomor telepon. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa Anda adalah seperti yang anda katakan. Namun, memberikan nomor ponsel selalu berisiko. Untuk itu anda perlu memberikan nomor telepon alternatif yang hanya dipakai untuk melakukan verifikasi.

4. Jangan Berikan Nama Lengkap/Asli

Nama anda selalu diperlukan untuk layanan tertentu, tidak terkecuali di eBay. Untuk itu, pertimbangkan untuk memberikan nama palsu, nama panggilan, ada mengacak posisi nama awal, tengah, dan terakhir anda. Hal ini agar anda tidak menjadi korban pencurian identitas. Jangan pernah memberikan nama lengkap Anda dengan mengikutkan nama tengah jika mungkin. Dengan demikian hacker tidak mendapatkan nama asli Anda yang sebenarnya dan sepotong informasi yang dapat menyebabkan pencurian identitas.

5. Tanggal Lahir Palsu

Banyak layanan yang memerlukan tanggal lahir anda untuk melakukan verifikasi usia. Namun perlu diketahui, layanan tersebut tidak peduli apakah tanggal lahir anda palsu atau asli. Untuk itu, gunakanlah tanggal, tahun, atau bulan lahir yang palsu. Anda bisa melakukan berbagai kombinasi, apakah tanggal lahir yang palsu, atau tahun dan bulan atau bahkan ketiganya.

6. Gunakan Banyak Alamat eMail

Tersedia layanan email sekali pakai yang patut dipertimbangkan ketika anda membuat akun di eBay. Beberapa layanan email memungkinkan Anda untuk membuat alamat email sekali pakai yang relatif mudah untuk dikelola. Anda bisa memiliki alamat yang dipesan lebih dahulu untuk eBay, misalnya  eBay.yourname @ emailprovider.co.uk atau paypal.yourname, jadi jika akun anda yang kena serangan hacker, Anda bisa membuangnya dan membuat baru.

Selamat mencoba!

Sumber: The Guardian

Sumber Gambar: CNN