Menjauhlah dari Smartphone Meskipun Sejenak!

pandodaily.wordpress.comApa yang menjadi teman intim manusia saat sekarang ini? Bukan manusia lainnya, bukan pasangan atau anak, apalagi orang tua yang bisa saja hidup terpisah. Teman intim manusia saat ini adalah gadget khususnya smartphone karena berukuran kecil, bisa dibawa karena ringan, dan masuk ke saku celana.

Perhatikanlah, banyak orang meskipun duduk berdampingan, duduk berhadap-hadapan, saling berbicara, tetapi mereka tidak pernah bisa lepas dari smartphone. Cek komentar atas update di Facebook, cek timeline di Twitter, melihat seberapa banyak yang memberikan Like di Instagram, sekaligus juga chatting.

Terkadang cukup aneh, malah menyapa via aplikasi seperti Twitter atau via aplikasi chatting, padahal saling berhadapan. Manusia sudah sangat tergantung ke smartphone yang berisi aplikasi. Jika ingin bekerja, tanya cuaca ke smartphone, lihat kemacetan via smartphone, mau cari alamat juga pakai smartphone.

Hal tersebut membuat kontak dengan manusia lainnya menjadi sangat berkurang. Kita tak menanyakan lagi sebuah alamat tertentu kepada orang yang ditemui, cukup andalkan aplikasi seperti Google Map atau Waze. Jika tidak bertemu, anggap saja jalan-jalan. Banyak dari kita enggan bertanya kepada orang lain karena terlalu tergantung dengan smartphone.

Perilaku yang sangat tergantung kepada smartphone tersebut digambarkan dengan sangat baik oleh sebuah video pendek di YouTube dengan judul Look Up. Video berdurasi hampir 5 menit ini mengungkapkan betapa adiktifnya pengguna gadget seperti smartphone sehingga melewatkan berbagai kesempatan dan mungkin saat-saat yang menyenangkan ketika berinteraksi dengan manusia di dunia nyata.

Video ini sebuah pelajaran yang sangat bagus. dari video tersebut kita bisa mengetahui, sangat banyak kesempatan dan kebahagiaan serta kehangatan pertemanan hilang begitu saja karena banyak orang yang sangat tergantung kepada gadget seperti smartphone, tablet dan lainnya. Video ini telah ditonton hampir 20 juta saat artikel ini dibuat.

Tonton videonya, ya!

 

Sumber Gambar: Pandodaily