Pemerintah Cina Larang Windows 8

techradar

Sistem operasi Windows 8 dari Microsoft mendapatkan pukulan telak. Setelah banyak dikritisi dan kurang disukai banyak pengguna, sistem operasi Windows 8 secara resmi dilarang oleh pemerintah Cina untuk digunakan di jaringan komputer pemerintah.

Pemerintah Cina merupakan pembeli terbesar dari perangkat lunak komputer di Cina yang pada gilirannya merupakan pasar PC terbesar di dunia dan sekarang lebih besar dari pasar Amerika Serikat. Keputusan pemerintah Cina melarang  Windows 8 dari Microsoft bisa saja memiliki efek jangka panjang.

Pengumuman pelarangan penggunaan Windows 8 tersebut diposting di sebuah situs pada hari Selasa yang lalu. Dalam pengumuman tersebut disebutkan  desktop, laptop dan tablet komputer pribadi yang dibeli untuk digunakan pemerintah harus menggunakan sistem operasi yang berbeda, tanpa menentukan sistem operasi yang mana yang dimaksud dengan kata berbeda tersebut. Guardian sebagaimana mengutip dari Reuters menyebutkan bahwa Central Government Procurement Centre mengatakan larangan tersebut adalah bagian dari pemberitahuan tentang penggunaan produk hemat energi.

Sejauh ini, komputer dengan basis sistem operasi Windows 7 yang lebih tua masih diizinkan untuk dipakai di kantor-kantor pemerintah Cina. Hal ini mungkin jadi solusi dengan adanya pelarangan Windows 8 tersebut.

Perlu diketahui, pengumuman dilarangnya Windows 8 telah dikeluarkan seminggu lebih awal daripada keputusan Amerika Serikat yang menuduh lima orang lima pejabat militer Cina melakukan hacking terhadap perusahaan dan organisasi di Amerika Serikat mencuri data Amerika Serikat. Jadi kemungkinan besar, pelarangan Windows 8 tersebut bukan sebuah upaya balas dendam Cina terhadap pemerintah Amerika Serikat.

Sumber: Guardian

Sumber Gambar: Tech Radar