Peringatan! Wikipedia Bukanlah Dokter

ibtimes.com

Anda tengah sakit atau mengalami gejala penurunan kondisi tubuh? Ingin cari tahu apa sebab dan mungkin cara pengobatan sakit tertentu yang anda alami? Jangan andalkan Wikipedia karena sebagian besar artikel kesehatan di Wikipedia tidak akurat.

Mencari sebab atau obat sakit tertentu di internet bisa dikatakan tidak tepat, terutama melalui Wikipedia karena Wikipedia bukanlah dokter. Terlebih lagi penelitian terbaru tentang artikel medis di Wikipedia menunjukkan sebagian besar dari artikel media tersebut tidak akurat.

Penelitian tersebut menunjukkan 9 dari 10 entri Wikipedia pada kondisi medis umum terkandung kesalahan faktual. Hal ini karena Wkipedia tidak seperti ensiklopedia tradisional. Wikipedia memungkinkan pengguna biasa membuat, menghapus dan mengedit entri sehingga meningkatkan risiko kesalahan.

Menurut Robert Hasty dari Universitas Campbell, para peneliti seharusnya tidak menggunakan Wikipedia sebagai sumber daya utama karena artikelnya tidak melalui proses peer-review yang sama seperti jurnal medis/kesehatan. Sumber daya terbaik ketika mencari diagnosis adalah untuk berbicara dengan dokter yang dapat memperhitungkan riwayat kesehatan dan faktor-faktor lain untuk menentukan perawatan terbaik.

Di Wikipedia, setidaknya terdapat 20 ribu entri artikel yang terkait dengan medis. Menurut tim peneliti yang meneliti entri tentang diabetes, kanker paru-paru dan sakit punggung, kehadiran Wikipedia dimungkinkan oleh desain dasar sebagai database kolaboratif. Namun desain tersebut telah menimbulkan kekhawatiran di kalangan medis mengenai keandalan dari informasi yang dikandungnya.

Salah satu entri di Wikipedia mengatakan antidepresan tidak bermanfaat bagi anak-anak. Namun menurut para peneliti hal tersebut tidak benar dan bisa mencegah orang tua untuk mengobati anak-anak mereka dengan obat. Perusahaan obat juga dituduh mengedit Wikipedia dengan menghapus referensi terhadap efek samping yang berbahaya.

Sumber: huffingtonpost.com, dailymail.co.uk

Sumber Gambar: ibtimes.com