Secret, Jejaring Sosial Anonim

tabletmag.com

Bagi mereka yang tak ingin diketahui ketika bermedia sosial, kini terbuka kesempatan berkat adanya media sosial anonim baru yang diberi nama Secret. Media sosial Secret ini sebelumnya sudah sukses di Amerika Serikat dan telah memperluas jangkauannya ke Inggris. Secret adalah generasi baru jaringan sosial yang memungkinkan pengguna untuk  berbicara dengan bebas dengan cara membuat semua posting pengguna benar-benar anonim.

Secret sukses besar di Amerika Serikat dan telah menerima dana sebesar 8,6 juta dollar AS  dari venture capital dalam waktu dua bulan peluncurannya.

Secret dibuat oleh dua mantan karyawan Google, yaitu Chris Bader dan David Byttow. Mereka berharap Secret dapat memberikan ruang bagi pengguna untuk mengirimkan hal otentik tentang kehidupan mereka tanpa merasa dihakimi. Dengan kondisi ini, tak pelak, Secret merupakan tempat bagi whistleblower potensial untuk mengemukakan berbagai fakta yang mereka ketahui. Salah satu yang penting adalah tentang peristiwa bocornya kabar bahwa Nike berencana memecat anggota FuelBand.

Demikian juga dengan kabar mundurnya Vic Gundotra, pimpinan media sosial Google Plus, beredar secara liar setelah Secret merilis bahwa ia sedang diwawancarai untuk pekerjaan lain.

Pencipta Secret mengatakan bahwa media sosial anonim ini memungkinkan ide-ide besar tersebar secara cepat dan efektif. Namun tentu saja, hal ini bisa juga menyebabkan gosip beredar lebih cepat daripada biasanya karena anonimitas penggunanya.

Keprihatinan juga muncul terhadap peranan Secret yang bisa saja menyebarkan bullying. Selain itu, Secret memungkinkan munculnya gosip kebencian dan fitnah terhadap orang lain.

Saat ini, Secret baru tersedia untuk iPhone dan penggunanya masih terbatas di Amerika Serikat. Secret baru saja dirilis di Inggris, Australia, Irlandia dan New Zealand. Kabarnya aplikasi Secret untuk Android sedang dbangun.

Sumber: mirror.co.uk

Sumber Gambar: tabletmag.com