TALKSHOW: Keselamatan Anak dan Murid di Internet, Urusan Siapa?

Predator online atau juga dikenal sebagai pelaku pedofil di Internet, sudah menjadi ancaman nyata di Indonesia. Berdasarkan penelitian yang dilakukan organisasi hak anak yang berbasis di Belanda, Terres des Homes, pada 2013 berhasil diketahui sejumlah predator online yang bermukim dan mencari mangsa di Indonesia .

Menurut Terres des Homes, setidaknya ada 4 (empat) penyebab terjadinya kasus pedofilia online, yaitu: rendahnya pengawasan orangtua yang kemungkinan karena gaptek, ada problem dalam keluarga, status ekonomi dan pengaruh dari teman atau lingkungan sekitar.  Hampir setiap anak yang menjadi korban pelecehan seksual di Internet, berkenalan dengan pelakunya via media sosial. Facebook, menjadi tempat yang subur bagi anak untuk secara sadar ataupun tidak, mengumbar privasinya.

Merespons keprihatinan banyak pihak tentang permasalahan yang mengorbankan anak-anak kita belakangan ini, ICT Watch dengan program internetsehat dan APJII menggelar Talkshow “Keselamatan Anak dan Murid di Internet, Urusan Siapa?” Talkshow akan diselenggarakan di Gedung Graha Pena Jawa Pos, Surabaya, pada 17 Mei 2014.

Anda yang berminat hadir, silakan registrasi melalui:

  • APJII Jatim: Lia Rahma (0858 1572 3423)
  • SHE Radio: Windi Goestiana (0813 3159 7515)

 

 poster google lebar

Comments