Teman Pribadi di Facebook Tetap Bisa Diakses

techiewhizkid.com

Facebook tampaknya selalu berurusan dengan masalah privasi dan kasusnya terus bermunculan. Salah satu yang baru adalah mengenai teman pribadi, yaitu teman yang anda jaga dengan pengaturan Only Me. Bila anda pengguna Facebook mungkin anda memasukkan beberapa teman yang hanya anda saja yang bisa melihatnya. Artinya dengan mengelompokkan teman-teman tersebut ke pengaturan Only Me anda berharap tidak ada orang lain yang mengetahui atau bisa melihat teman anda tersebut.

Dengan memasukkan teman-teman ke Only Me atau teman pribadi, artinya anda tidak membagi teman-teman ini ke orang lain. Orang lain tidak akan bisa melihat teman anda tersebut. Namun kenyataannya hal tersebut berlaku sebaliknya.

Menurut Mashable, pengaturan Only Me tersebut tidak membatasi orang lain melihat daftar teman anda yang ada dalam Only Me tersebut meskipun pengguna lain tidak bisa melihat daftar teman dalam daftar Only Me secara penuh.

CyberInt, sebuah kelompok yang berfokus pada keamanan informasi dan perang cyber, menunjukkan bagaimana seorang hacker atau pengguna lain bisa mengambil keuntungan dari masalah privasi ini untuk mengumpulkan seluruh daftar teman pengguna. Hacker atau pengguna lain masih dapat melihat teman bersama antara dua orang pengguna Facebook selama salah satu dari dua orang ini membagi temannya ke publik. Ini artinya, jika anda memiliki teman bersama, daftar teman anda yang ada di daftar Only Me anda masih bisa dilihat orang lain selama teman bersama anda mengatur teman yang ada di daftar Only Me anda tersebut ke publik.

Jadi pengaturan Only Me tersebut hanya akan berlaku jika teman anda juga mengaturnya ke Only Me. Jika tidak maka daftar teman anda yang ada dalam daftar Only Me akan tetap bisa diakses orang lain.

Sumber: Mashable

Sumber Gambar: techiewhizkid.com