Alergi Kulit karena iPad

896802-110830-ipads-at-blair-athol

Sebuah artikel yang dirilis di pedriatrics.org beberapa hari yang lalu mengungkapkan bahwa kemungkinan iPad, tablet dari Apple bisa menyebabkan alergi kulit bagi penggunanya karena adanya kandungan nikel di iPad tersebut.

Artikel tersebut menyimpulkan bahwa nikel dalam versi generasi pertama iPad mungkin telah memicu reaksi alergi pada kulit pada seorang anak berusia 11 tahun.

Laporan yang diterbitkan oleh American Academy of Pediatrics ini, berpusat pada seorang anak usia 11 tahun yang dirawat di rumah sakit San Diego yang mengalami ruam kulit yang tidak bisa dijelaskan. Ahli dermatologi Dr. Sharon Jacob dan Dr. Shehla Admani membutuhkan waktu selama enam bulan untuk mempelajari reaksi tersebut sebelum mengatakan bahwa anak tersebut alergi terhadap nikel.

Menurut laporan, iPad anak tersebut yang merupakan versi generasi pertama dari iPad, dinyatakan positif mengandung nikel dan ruam kulit anak mereda ketika ia mulai menggunakan penutup iPad (iPad cover). Apple dalam pernyataannya mengatakan bahwa alergi seperti yang dilaporkan dalam kasus ini sangat jarang.

Ruam kulit karena alergi terhadap nikel ini tidak mengancam jiwa, tetapi penderitanya bisa sangat tidak nyaman dan mungkin memerlukan pengobatan dengan steroid dan antibiotik jika kulit yang ruam tersebut terinfeksi.

Nah, mungkin ada perlunya orang tua mengawasi anaknya dalam menggunakan iPad. Ada baiknya juga jika masih menggunakan iPad generasi pertama, tablet tersebut diganti dengan yang lebih baru karena alergi ini baru ditemui pada iPad generasi pertama.

Sumber: pediatrics.org via Guardian dan Huffingtonpost

Sumber Gambar:  jazzsangha.wordpress.com