Anak-anak Sangat Cepat Beradaptasi dengan Teknologi

rsz_open-uri20140122-12-a634km

Bila Anda merasa bahwa anak Anda lebih cepat beradaptasi dengan gadget yang Anda berikan dibandingkan dengan diri Anda sendiri, Anda mungkin benar. Jika ragu, cobalah lakukan percobaan dan kemungkinan besar dalam waktu singkat anak Anda yang meskipun berusia di bawah 5 tahun sangat cepat menguasai teknologi suatu gadget tertentu, misalnya tablet.

Untuk lebih meyakinkan fakta ini, para peneliti di Amerika Serikat mengadu kelompok anak berusia empat dan lima tahun dengan mahasiswa untuk melihat mana yang terbaik dalam beradaptasi dengan teknologi baru.

Hasilnya adalah para balita mengalahkan kelompok remaja. Hal ini menunjukkan bahwa mereka jauh lebih baik dalam hal beradaptasi dengan gadget yang sebelumnya tidak pernah mereka lihat/gunakan.

Peneliti dari University of California meneliti sebanyak 106 anak-anak yang berusia antara empat sampai lima dan 170 mahasiswa untuk mengetahui bagaimana menggunakan gadget yang belum pernah mereka melihat sebelumnya.

Dari penelitian tersebut peneliti menemukan anak-anak usia empat sampai 5 tahun jauh lebih cepat menguasai gadget daripada mahasiswa yang berjumlah 170 orang tersebut.

Apa yang ditemukan peneliti tersebut mengejutkan, tidak hanya karena anak usia empat tahunan yang luar biasa baik dalam menguasai gadget, tetapi juga karena mereka benar-benar lebih baik daripada orang dewasa. Hasil penelitian tersebut menimbulkan pertanyaan penting tentang apa yang membuat anak-anak sebagai pembelajar yang lebih fleksibel.

Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa anak-anak dapat mempelajari sifat abstrak dari hubungan kausal dengan menggunakan hanya segelintir peristiwa. Selain itu, anak-anak lebih mungkin dibandingkan orang dewasa untuk menggeneralisasi hubungan sebab akibat yang tidak biasa. Hal ini menunjukkan bahwa mereka kurang bias oleh asumsi sebelumnya dan lebih memperhatikan bukti saat ini.

Sumber: Daily Mail

Sumber Gambar: clippings.me