Google Wallet Dibobol Melalui Game di Google Play?

rsz_google-wallet-in-action1

Sebuah peristiwa luar biasa baru saja dialami oleh seorang teman. Ia menceritakan bahwa akun Google Wallet-nya dibobol melalui sebuah game gratis yang didownload di Google Play.

Ia menceritakan bahwa dalam beberapa menit akun Google Wallet-nya dibobol sebanyak 4,5 juta rupiah untuk membeli games di Google Play. Ia mengetahui hal tersebut setelah ada telepon pemberitahuan dari bank yang mengeluarkan kartu kreditnya.

Tentu sebuah hal yang sangat menakutkan karena saat ini, hampir semua pembelian dilakukan dengan dompet digital seperti Google Wallet. Pertanyaannya, mengapa Google Wallet yang sangat krusial bagi pengguna bisa dibobol?

Sejauh ini harus diakui bahwa Google Wallet bisa dibobol. Namun risikonya bisa diminimalisasi jika menggunakan PIN dan kunci layar berbasis pattern atau pola, kecuali jika seseorang memiliki akses hack. Namun Google telah melakukan perbaikan terhadap software-nya sehingga kemungkinan dibobol sangatlah kecil.

Perlu diketahui, Google Wallet hanya dapat dibelanjakan sebanyak uang yang telah ditambahkan ke rekening sehingga menjadi kecil kemungkinan untuk terus-menerus digerus.

Namun berdasarkan pengalaman teman di atas, ternyata Google Wallet-nya bisa dibobol hingga 4,5 juta rupiah. Pertanyaannya, apakah ia menambahkan uang sebanyak 4,5 juta rupiah ke akun Google Walletnya?

Pada tahun 2012 yang lalu, sebuah video yang diposting oleh Zvelo menunjukkan sistem verifikasi PIN pada perangkat Android yang telah di-root dapat menyebabkan Google Wallet dibobol dengan menggunakan sebuah aplikasi yang tersedia secara bebas online.

Jika Anda menggunakan perangkat Android yang telah di-root sangat besar kemungkinan Google Wallet Anda dibobol dengan sangat mudah. Oleh karena itulah Google sangat tidak menyarakan memasang Google Wallet di perangkat yang telah di-root.

Melihat peristiwa yang dialami oleh teman ini, bisa diketahui bahwa Google Wallet-nya dibobol melalui game Pixel Gun 3D yang merupakan aplikasi in app purchase. Ini artinya pengguna mendownload dulu versi gratisnya dan bisa melakukan pembelian untuk fase game berikutnya.

Dengan adanya Game Pixel Gun 3D ini besar kemungkinan terjadi pembelian yang tidak diautorisasi dengan baik. Hal ini sering terjadi, tidak hanya di Android, tetapi juga di iOS. Kemungkinan besar telah terjadi pembelian secara tidak sengaja.

Hal ini juga pernah dialami oleh pengguna lainnya pada game yang sama. Pengguna tersebut melakukan pembelian yang ia tidak pernah lakukan sebesar 91,69 dan 46,36 dollar. Untuk itu Anda dapat melakukan pencegahan dengan melakukan cara di link INI.

Kesimpulannya, pertama Google Wallet sangat secure, namun jika anda memiliki perangkat yang telah di-root, jangan pasang Google Wallet di perangkat. Kedua hati-hati terhadap aplikasi in app purchase karena sudah sangat banyak korban yang terkena tagihan tinggi tanpa sadar karena satu dan lain hal membuat siap pun yang menggunakan perangkat (terutama anak-anak) bisa melakukan pembelian tanpa autorisasi pemilik akun Google Wallet. Ketiga lakukan pencegahan dengan menambahkan PIN jika melakukan pembelian di Google Play dengan Google Wallet.

Sumber Gambar: extremetech.com