Perangkat Standby Tagihan Listrik Membengkak

ipad

Banyak dari kita memahami, dalam rangka menekan tagihan listrik, kita lebih memilih untuk mematikan perangkat seperti televisi, komputer, dan banyak lainnya daripada membiarkan perangkat tersebut dalam kondisi standby. Hal ini karena jika membiarkan dalam kondisi standby, perangkat tersebut tetap akan memakai listrik meskipun tidak digunakan sehingga tagihan listrik bisa meningkat secara signifikan.

Demikian juga perangkat yang lebih kecil yang bekerja secara background dan dibiarkan berada dalam kondisi standby  tidak kalah buasnya terhadap konsumsi energi listrik bahkan lebih cepat untuk membuat tagihan listrik Anda membengkak.

Sebuah perusahaan, yaitu Ecotricity  di Inggris mencoba mendata konsumsi energi listrik beberapa (dalam pound) perangkat yang berada dalam kondisi standby. Hasilnya adalah router nirkabel berada di posisi paling atas dengan biaya rata-rata 21,92 pound per tahun.

Posisi kedua ditempati oleh printer laser dengan biaya rata-rata 18,26 pound per tahun, sedangkan PC desktop sebesar 3,65 pound.

Bila ditelusuri dengan makin banyaknya perangkat bergerak yang perlu diisi ulang baterainya, alat pengisi baterai atau charger juga bisa membuat tagihan listrik Anda meningkat meskipun berada dalam kondisi standby.

Berdasarkan temuan Ecotricity di atas charger iPad menelan biaya rata-rata 12,18 pound per tahun, sedangkan charger ponsel menelan biaya rata-rata 2,44 pound per tahun.

Dari fakta tersebut bisa diambil kesimpulan bahwa perangkat yang standby bisa membuat tagihan listrik Anda membengkak. Oleh karena itu ada baiknya Anda memperhatikan penggunaannya. Jika tidak dipakai, lebih baik dimatikan daripada dibiarkan pada kondisi standby.

Sumber: The Telegraph

Sumber Gambar: CNN