Project Zero untuk Internet Aman dari Google

Google (fisheye)

Internet yang aman merupakan dambaan banyak orang. Tidak satupun pengguna internet yang mau diserang oleh hacker. Untuk memastikan hal itu, Google mendirikan sebuah proyek yang disebut Project Zero guna memastikan keamanan internet.

Untuk melaksanakan proyek ini, Google tengah merekrut hacker berpengalaman yang akan ditugaskan memburu kelemahan serius dalam keamanan internet dengan harapan mereka dapat mencegah serangan cyber yang paling canggih sekalipun.

Proyek ini diumumkan oleh Google secara resmi dalam sebuah blog oleh kepala keamanan Chris Evans. Proyek ini akan melindungi pengguna ketika menggunakan beberapa alat yang paling umum digunakan di web, termasuk Google Chrome, Internet Explorer dan perangkat lunak terkait lainnya.

Menurut Chris Evans, pengguna harus dapat menggunakan web tanpa rasa takut bahwa aktor kriminal atau aktor yang disponsori negara memanfaatkan bug perangkat lunak untuk menginfeksi komputer pengguna, mencuri rahasia pengguna atau memantau komunikasi pengguna.

Project Zero akan menghabiskan banyak waktu untuk menemukan zero-day vulnerabilities, bahasa teknologi  untuk kelemahan perangkat lunak yang tidak diketahui oleh dunia yang lebih luas dan sering digunakan untuk melakukan hack komputer atau smartphone sehingga mereka dapat dimata-matai.

Kerentanan atau vulnerabilities ini biasanya tidak diketahui oleh vendor perangkat lunak dan biasanya tidak ada perbaikan langsung sehingga zero-day vulnerabilities  sangat berharga bagi siapa pun yang ingin masuk ke sistem dengan rasa aman.

Upaya Google ini tentu patut diapresiasi mengingat kejahatan cyber terus menunjukkan trend peningkatan. Tidak itu saja, NSA dengan program mata-matanya telah membuat banyak pengguna internet kehilangan rasa aman ketika menggunakan internet. Mereka khawatir, jangan-jangan NSA dan badan mata-mata Inggris, GCHQ tidak pernah berhenti melakukan aksi mata-mata tersebut.

Dengan Project Zero ini, Google akan membantu pengguna dalam menciptakan internet yang aman. Pengguna tidak perlu lagi takut dimata-matai oleh aktor kriminal atau aktor yang disponsori negara.

Sumber: Google via The Guardian

Sumber Gambar: Venture Beat