Tahun Depan Illegal Downloaders Terima Surat Peringatan

copyright

Mulai tahun depan mereka yang melakukan download ilegal di Inggris akan menerima surat peringatan dari ISP tempat mereka berlangganan. Mereka yang secara ilegal mendownload lagu dan film akan bisa menerima hingga empat surat peringatan. Namun demikian, tidak ada sanksi yang tegas bagi mereka yang mengindahkan surat tersebut.

Tujuan dari surat peringatan tersebut untuk meningkatkan kesadaran pengguna terhadap beragam layanan konten online yang sah dan membantu mengurangi pelanggaran hak cipta online. Hal ini dikemukakan oleh sekelompok perwakilan dari industri kreatif di Inggris dan ISP besar, yang dikenal sebagai Creative Content UK.

Sistem peringatan tersebut dikenal sebagai Voluntary Copyright Alert Programme (VCAP) merupakan hasil dari negosiasi bertahun-tahun antara ISP dan badan-badan industri yang mewakili industri kreatif di Inggris, termasuk Motion Picture Association (MPA) dan BPI (British Recorded Music Industry).

Penegakan aturan ini berada di bawah Digital Economy Act yang disahkan melalui parlemen di bawah pemerintahan Partai Buruh pada tahun 2010 yang lalu.

Undang-undang tersebut menyerukan serangkaian meningkatnya sanksi terhadap pembagi file dimulai dengan mengirimkan surat kepada pengunduh ilegal dan berpuncak pada memperlambat kecepatan koneksi pelanggar atau menangguhkan sementara koneksi mereka. Namun, UU tersebut sangat ditentang oleh ISP yang berpendapat bahwa langkah-langkah anti pembajakan tidak sesuai dengan hukum Eropa dan akan melanggar privasi pelanggan serta menaikkan biaya bagi penyedia dan konsumen.

VCAP yang didukung oleh pemerintah Inggris merupakan kompromi yang dicapai oleh industri musik dan film Inggris dan ISP termasuk BT, Sky Broadband, TalkTalk dan Virgin Media. Namun perlu digarisbawahi bahwa ketidakadaan sanksi yang tegas bagi pelanggar dan hanya dikenakan peringatan merupakan hal yang sangat tidak kuat untuk mencegah melakukan download ilegal.

Sumber: The Telegraph

Sumber Gambar: allhiphop.com