Terganggu Saat Konsentrasi, Hapus Memori

facebook_2227458b

Saat potensi gangguan terhadap konsentrasi ketika sedang bekerja sangat tinggi, manusia cenderung membiarkan penganggu tersebut bahkan cenderung lebih suka diganggu. Hal ini bisa dibuktikan dengan melihat kenyataan bahwa pengguna smartphone menengok smartphone mereka sebanyak 125 kali dalam sehari.

Namun tahukah Anda efek negatif para penganggu yang sering muncul melalui smartphone?

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh peneliti di Virginia, Amerika Serikat menemukan bahwa bila terganggu selama 60 detik ketika sedang berkonsentrasi dapat menghapus memori/ingatan jangka pendek. Studi ini dipuji sebagai pijakan baru dan yang pertama untuk menunjukkan dampak gangguan terhadap kualitas seseorang saat bekerja.

Bila Anda diganggu saat mencoba fokus kepada sesuatu, gangguan selama 60 detik sudah sangat cukup untuk menghapus memori jangka pendek Anda. Hal ini mengakibatkan Anda harus memulai lagi apa yang anda lakukan tersebut dari awal karena Anda tidak bisa mengingat apa pun yang baru saja dilakukan.

Melihat hasil penelitian tersebut, tidaklah heran bahwa jargon multitasking selama ini ternyata lebih berdampak jelek dibandingkan menguntungkan. Bila Anda fokus pada suatu pekerjaan, penganggu berupa tugas lain (misalnya melihat LIKE atau komentar di Facebook) bisa membuyarkan pekerjaan yang sedang dilakukan dan memaksa Anda untuk memulai lagi dari awal.

Hal ini merupakan peringatan serius bagi mereka yang tidak henti-hentinya memeriksa smartphone  mereka sembari terus bekerja. Bisa disimpulkan sebagian besar notifikasi atau hal-hal yang diperiksa di smartphone selagi bekerja bisa dikategorikan penganggu yang bisa membuat ingatan jangka pendek Anda menjadi hilang.

Untuk itu, perlu bijak dalam menggunakan smartphone. Ada baiknya selama bekerja, potensi gangguan diminimalisasi dengan mematikan smartphone sehingga konsentrasi anda tidak buyar dan kinerja menjadi lebih baik.

Sumber: Daily Mail

Sumber Gambar: The Telegraph