11.500 Orang Ajukan Gugatan kepada Facebook

facebook-front_179_2232542b

Eropa telah menjadi kawasan yang sulit bagi perusahaan asal Amerika Serikat terkait dengan masalah privasi yang lebih ketat dibandingkan kawasan lain, seperti Asia atau bahkan Amerika sendiri. Belum lama berselang, Google dipaksa untuk tunduk kepada undang-undang baru yang memungkinkan penghapusan link tertentu dari hasil pencarian yang disebut dengan Hak untuk Dilupakan.

Setelah Google, kini Facebook harus menghadapi tuntutan class action terkait dengan penanganan masalah privasi pengguna Facebook di Eropa. Gugatan terhadap Facebook tersebut diajukan di Austria terkait kebijakan privasi perusahaan. Gugatan tersebut telah mengumpulkan lebih dari 11.500 peserta sejak beberapa hari yang lalu sehingga  menaikkan klaim kerugian terhadap Facebook menjadi  sekitar 7,7 juta juta dollar AS.

Jumlah klaim kerugian tersebut agak rendah dibandingkan dengan kasus-kasus serupa, di mana pengadilan telah mengabulkan mulai dari 750 euro untuk pelanggaran ringan hingga 2.000 euro. Jumlah klaim kerugian 500 euro untuk tiap pengguna dipilih untuk mendapatkan jumlah yang akan cukup berarti bagi Facebook. Ini juga merupakan bahwa class action tersebut tidak semata-mata tentang uang, tetapi lebih kepada soal privasi pengguna.

Aktivis utama gugatan ini adalah Max Schrems. Schrems mulai mengundang pengguna Facebook di luar Amerika Serikat dan Kanada untuk bergabung dalam mengajukan gugatan terhadap Facebook yang diajukan di pengadilan niaga di Wina, Austria, di mana ia tinggal.

Dia menggugat Facebook Irlandia yang bertanggung jawab untuk memproses data pengguna di luar AS dan Kanada atas dugaan pelanggaran privasi. Termasuk kebijakan privasi Facebook yang menurut Schrems tidak valid menurut hukum Uni Eropa, seperti dugaan dukungan Facebook terhadap program pengawasan NSA dan pelacakan aktifitas pengguna internet pada situs web pihak ketiga.

Menurut Schrems, sekitar 50 persen dari mereka yang mendaftar untuk menggugat Facebook berasal dari Austria dan Jerman. Ia menambahkan bahwa sebagian besar pendukung lain datang dari Uni Eropa. Kroasia, Belanda, Finlandia, dan Inggris negara-negara berbahasa Jerman, Kroasia mendekati 1.000 orang dan Belanda mengumpulkan lebih dari 800 orang.

Update: Versi awal dari artikel ini menyebutkan sebanyak 11.500 orang ikut mengajukan gugatan ke Facebook. Namun beberapa waktu kemudian, BBC melaporkan sudah ada 25.000 orang (kemungkinan akan terus bertambah) yang ikut serta mengajukan gugatan dengan klaim per orang 500 euro atau sekitar 667 dollar AS.

Sumber: PC World, BBC

Sumber Gambar: The Telegraph