Bermain Video Games Baik Untuk Anak, Asal ….

553635-video-games

Apakah Anda khawatir anak anda kecanduan bermain komputer atau video games? Khawatir jangan-jangan nanti mereka menjadi pribadi yang tertutup, tidak mau bergaul dan hanya sibuk sendiri bermain komputer atau video games. Tidak usaha cemas, penelitian terbaru menunjukkan bermain komputer atau video games ternyata baik buat anak.

Penelitian yang dilakukan oleh Universitas Oxford di Inggris menunjukkan anak-anak yang bermain video game hingga satu jam sehari lebih bahagia, lebih ramah, dan kurang hiperaktif daripada mereka yang tidak bermain sama sekali.

Meskipun terdapat kekhawatiran yang luas bahwa penggunaan video games berbahaya, studi Universitas Oxford terhadap  anak laki-laki dan perempuan berusia antara 10 dan 15 tersebut menemukan bahwa bermain hingga enam puluh menit sehari benar-benar dapat bermanfaat bagi anak-anak.

Penelitian ini menguji hampir 5.000 anak-anak dengan cara membandingkan mereka yang tidak bermain sama sekali dengan yang menghabiskan waktu berbeda-beda ketika bermain konsol game seperti Nintendo Wii dan Sony Play Station atau permainan berbasis komputer.

Dari penelitian tersebut dapat disimpulkan anak-anak yang bermain video games lebih sedikit lebih mudah menyesuaikan diri daripada mereka yang belum pernah bermain sama sekali atau mereka yang bermain video game selama tiga jam atau lebih.

Mereka yang bermain video game selama kurang dari satu jam dikaitkan dengan tingkat sosialisasi tertinggi dan paling mungkin untuk mengatakan puas dengan kehidupan mereka. Tampaknya mereka juga memiliki lebih sedikit masalah pertemanan dan emosi dan hiperaktivitasnya lebih rendah dibandingkan kelompok lain.

Dari penelitian ini, para orang tua tidak perlu ragu untuk memperkenalkan permainan berbasis komputer atau konsol kepada anak. Tidak perlu kekhawatiran berlebihan asal waktu bermainnya dapat diatur dengan baik.

Tentu saja pengaturan ini adalah tanggung jawab orang tua. Dengan memberikan waktu bermain game maksimal satu jam sehari, baik  game berbasis komputer atau konsol, anak kemungkinan bisa berkembang lebih baik. Hal yang perlu diingat adalah orang tua harus punya aturan yang tegas yang ditegakkan dengan baik agar anak bisa menjalankan aturan tersebut dengan baik.

Sumber: The Telegraph

Sumber Gambar: news.com.au