Bullying antara Mitos dan Fakta

bullying-office

Bullying kini sudah menjadi suatu hal yang makin biasa di media sosial. Hal ini tidaklah baik karena  dalam kondisi apa pun, sebenarnya bullying tidak diperbolehkan terutama terhadap remaja dan anak-anak. Bukan berarti hal tersebut menjadi lumrah untuk orang dewasa.

Bullying tidak dapat ditolerir dalam bentuk apapun. Sangat penting untuk mengatasi bullying, apakah itu di tempat kerja, sekolah atau di lingkungan sehingga pesannya jelas bahwa bullying tidak dapat diterima. Mitos dan fakta di bawah ini bisa menjadi titik diskusi yang bagus untuk meningkatkan kesadaran bullying terhadap anak-anak dan remaja.

Mitos: Bullying adalah bagian normal dari masa kanak-kanak dan Anda hanya harus mengabaikannya.

Fakta: Bullying bukanlah hal yang normal atau diterima dalam bentuk apapun dan mengabaikan bullying mungkin tidak selalu bullying tersebut berhenti. Bila kena bullying, silakan curhat ke seseorang yang bisa  dipercaya seperti orang tua atau guru untuk membantu agar bullying tersebut berhneti. Bullying dapat merubuhkan kepercayaan diri.

Mitos: Tidak masalah untuk memukul seseorang yang mem-bully Anda sehingga ia akan menghentikan bullying.

Fakta: Cukup dimengerti bahwa Anda mungkin marah karena di-bully, tetapi jika Anda melakukan kekerasan atau agresif mungkin membuat keadaan jauh lebih buruk karena akan mendapatkan masalah yang jauh lebih sulit.

Mitos: Pelaku bullying dilahirkan, hal itu karena bullying sudah ada dalam gen mereka

Fakta: Pelaku bullying sering mengadopsi perilaku ini dari lingkungan mereka atau kadang-kadang hal tersebut merupakan  reaksi dari mereka  ketika diganggu oleh orang lain. Apapun masalahnya, hal tersebut tidak benar.

Mitos: Bullying hanya terjadi di sekolah

Fakta: Hal ini tidak benar karena bullying dapat terjadi pada siapa saja di setiap tempat. Bullying mungkin terjadi saat keluar dari sekolah atau bahkan perguruan tinggi. Hal ini dapat terjadi ketika Anda berada di luar dengan teman-teman atau dalam perjalanan ke atau dari sekolah. Bahkan di online bullying sangat marak.

Mitos:Pelaku bullying dapat diketahui dari  penampilan dan tindakan mereka.

Fakta: Tidak ada hal seperti itu. Tidak ada penampilan atau tindakan tertentu untuk bisa menandai para pelaku bullying. Tidak ada dress code atau perilaku tertentu.

Mitos: Online bullying hanya olok-olok dan tidak berbahaya

Fakta: Orang yang di-bully secara online adalah masalah yang sangat serius, virus bullying bisa menyebar sangat cepat sehingga membuat masalah meningkat dengan cepat. Untuk itu penting untuk mengambil screenshot dari setiap percakapan, pesan atau posting bullying sehingga Anda memiliki catatan.

Mitos: Cyberbullying tidak mengakibatkan kerugian fisik jadi apa salahnya?

Fakta: Sebenarnya, beberapa orang telah melakukan bunuh diri sebagai akibat dari tidak melihat jalan keluar dari pelecehan, ancaman dan pelanggaran. Akibat secara psikis lebih lama dan kadang-kadang seseorang tidak akan pernah bisa melalui beban psikis tersebut. Banyak situs web memungkinkan orang untuk berlaku anonim sehingga sangat sulit untuk menghentikan penyalahgunaan layanan dengan melakukan bullying tanpa henti.

Sumber: BullyingUK

Sumber Gambar: eqmicroskills.com