China akan Keluarkan Apple dari Daftar Pengadaan

ipad_2096321b

Suhu hubungan perusahaan asal Amerika Serikat dengan pemerintah China akhir-akhir ini cukup tinggi. Setelah beberapa waktu lalu melarang penggunaan Windows 8 di komputer pemerintah, kali ini China diberitakan akan mengeluarkan Apple, produsen berbagai perangkat seperti iPhone, iPad dan Macs dari daftar pengadaan barang untuk pemerintah China. Hal ini dilakukan China karena alasan keamanan.

Menurut Bloomberg, sepuluh produk Apple, termasuk iPad, iPad Mini, MacBook Air dan MacBook Pro dihilangkan dari daftar pengadaan akhir pemerintah yang didistribusikan pada bulan Juli. Sepuluh model tersebut sebelumnya ada dalam daftar versi Juni yang disusun oleh National Development and Reform Commission and Ministry of Finance.

Dengan demikian, Apple merupakan perusahaan teknologi terbaru AS yang akan dikeluarkan dari belanja pemerintah China di tengah meningkatnya ketegangan antarnegara karena adanya klaim hacking dan cyberspying. Beberapa hari yang lalu lembaga pengadaan China mengatakan kepada departemen pemerintah China untuk berhenti membeli software antivirus dari Symantec Corp dan Kaspersky Lab, sedangkan Microsoft telah dihentikan dari program pembelian komputer hemat energi pemerintah.

Pengawasan yang ketat terhadap perusahaan asing yang dilakukan pemerintah China tidak terlepas dari bocoran Edward Snowden terhadap program mata-mata National Security Agency dan dakwaan pada bulan Mei oleh jaksa AS terhadap lima perwira militer Cina yang dituduh mencuri rahasia perusahaan AS.

Bila dilihat lebih jauh, bocoran program mata-mata NSA ternyata telah menimbulkan kesulitan dan bahkan mungkin kerugian finansial bagi berbagai perusahaan teknologi asal AS. Selain itu, tuduhan pemerintah AS terhadap 5 perwira China yang terlibat dalam operasi hacking terhadap beberapa perusahaan AS menambah runyam kondisi tersebut.

China pun bereaksi cukup keras dengan mulai membatasi perusahaan teknologi asal AS untuk ikut melakukan pengadaan bagi pemerintah. Sejauh ini, pemerintah China hanya melakukan pembatasan bagi proyek-proyek pemerintah. Ini artinya publik masih sangat bisa memperoleh perangkat dari perusahaan teknologi asal AS.

Update: Rilis pertama dari artikel ini menyatakan Pemerintah China akan mengeluarkan Apple dari pengadaan bagi pemerintah China sehingga produk mereka akan dilarang digunakan oleh pegawai pemerintah. Namun, beberapa waktu kemudian, Reuters melaporkan bahwa hal tersebut tidak benar.

Sumber: Bloomberg, Reuters

Sumber Gambar: The Telegraph