Detoksifikasi Hidup: Kurangi Pemakaian Smartphone (1)

smrt

Anda kecanduan smartphone? Rasanya lebih memilihi hidup dengan smartphone dibandingkan hidup dengan pasangan? Lebih merelakan untuk tidak berhubungan seks daripada kehilangan smartphone?

Hidup anda sedang gawat-gawatnya. Anda perlu melakukan detoksifikasi agar hidup Anda lebih baik dan tidak terlalu bergantung lagi ke smartphone. Namun bagaimana cara melakukan detoksifikasi?

1. Jangan Mengisi Baterai Smartphone di Kamar Tidur

Kamar tidur adalah kamar untuk beristirahat setelah Anda lelah bekerja seharian. Namun, terkadang banyak orang yang menyalahgunakan fungsi kamar tidur, yaitu untuk mengisi ulang smartphone mereka. Akibatnya, bukannya bisa tidur malah sibuk mengurusi mention yang masuk ketika smartphone diisi.

Terlebih lagi, sangat banyak pengguna yang mengisi ulang baterai tidak dalam kondisi smartphone dimatikan sehingga mengganggu irama tidur. Akibatnya istirahat/tidur tidak sempurna.

Perlu juga diperhatikan, ada kecenderungan pengguna smartphone lebih peduli smartphone mereka dibandingkan pasangannya. Mereka terlebih dahulu menjangkau smartphone, baru kemudian menjangkau pasangan. Ini merupakan kebiasan buruk yang berisiko terhadap hubungan.

Peringatan: Isi ulang baterai smartphone anda di tempat lain selain tempat tidur!

2. Hitung Virtual Weight Index (VWI)

Sama halnya dengan indeks massa tubuh, Anda perlu menekan Virtual Weight Index yang anda miliki. Semakin sering dan semakin tergantung Anda kepada smartphone, angka VWI semakin tinggi dan membuat pikiran anda semakin berat. Untuk itu Anda perlu menekan VWI. Caranya adalah dengan memberikan poin tertentu terhadap kegiatan yang Anda lakukan di smartphone, misalnya bermain games poin 7, mengirimkan email 3, media sosial 4, dan lainnya. VWI berjumlah 36 berarti jumlah yang tinggi.

Ingatlah seperti halnya berat badan, jika VWI Anda naik, itu artinya Anda bertambah berat, semakin tidak menarik dan semakin besar kemungkinan tidak sehat. Ini artinya Anda harus terus ingat untuk menekan VWI. Targetkan bahwa dalam sehari atau sebulan tertentu VWI Anda tidak boleh melebihi angka 25, misalnya. Dengan demikian, interaksi Anda dengan smartphone harus dipangkas.

Peringatan: VWI tinggi berat badan semakin naik!

Bersambung ….

Sumber: Diolah dari The Telegraph

Sumber Gambar: wmtw.com