Detoksifikasi Hidup: Kurangi Pemakaian Smartphone (2)

628x471

Pada bagian terdahulu telah diuraikan dua cara untuk mengurangi pemakaian smartphone. Berikut ini dua cara tambahan untuk mengurangi pemakaian smartphone.

3. Tentukan Waktu Penggunaan

Bagi mereka yang bekerja, sering sekali smartphone merupakan penolong karena bisa mengatasi jarak dan waktu dengan bisa bekerja secara mobile, misalnya mengirimkan email ke klien. Namun, demikian hal tersebut bukan tanpa risiko. Seringkali ketika Anda sedang berlibur, email dan klien masih bisa menganggu liburan anda dengan berbagai pertanyaan atau undangan atau bahkan ajakan meeting.

Untuk itu, Anda perlu membuat waktu penggunaan samrtphone. Misalnya di akhir minggu anda sama sekali tidak menggunakan smartphone, entah itu untuk pekerjaan atau sekadar update di media sosial. Tentukanlah waktu-waktu di mana anda menggunakan smartphone dan waktu-waktu kapan tidak menggunakannya dan jangan langgar aturan yang anda buat tersebut.

Peringatan: Buat aturan penggunaan dan jangan melanggarnya!

4. Jangan Letakkan Smartphone antara Anda dengan Teman

Banyak pengguna smartphone yang seolah pamer dengan menaruh smartphone di atas meja ketika mereka sedang melakukan pertemuan. Entah apa maksudnya, kebanyakan pengguna smartphone ketika melakukan pertemuan offline lebih fokus kepada smartphone mereka dibandingkan dengan misi yang dibicarakan pada pertemuan tersebut.

Pada dasarnya memang tidak ada aturan tertentu di mana seharusnya smartphone diletakkan ketika anda bertemu dengan seseorang secara offline. Namun, demi menjaga agar pertemuan tersebut berjalan dengan baik anda perlu menyimpan smartphone di saku atau di dalam tas.

Tujuannya tiada lain agar apa yang anda bicarakan bisa anda pahami dan fokus Anda tidak terbagi ke smartphone. Selain itu, mention yang selalu masuk ke smartphone, entah itu email, SMS atau dari media sosial akan menarik anda untuk mengeceknya jika smartphone anda letakkan antara anda dengan temah sehingga akan menginterupsi jalannya pertemuan tersebut.

Peringatan: Letakkan smartphone di dalam saku atau tas ketika pertemuan offline!

5. Pertimbangkanlah Waktu untuk Keluarga

Zaman sekarang ini, hampir di setiap sudut kehidupan orang menggunakan smartphone. Penggunaan masif dari smartphone ini berisiko mengurangi kehangatan keluarga. Ada kecenderungan, ketika seseorang berada di rumah, mereka masih sibuk menggunakan smartphone dibandingkan dengan bertanya kepada anak atau pasangan kabar mereka hari tersebut.

Anak-anak pun cenderung dibiarkan dan diberikan mainan smartphone untuk pengobat rindu mereka terhadap ayah atau orang tua. Kondisi seperti ini tidaklah sehat dalam hubungan keluarga. Ada baiknya Anda mempertimbangkan family time di mana Anda tidak menggunakan smartphone di rumah dan lebih memperhatikan keluarga. Hal ini akan sangat berpengaruh secara positif terhadap kehangatan hubungan keluarga Anda.

Peringatan: sediakan waktu keluarga dan jangan gunakan smartphone pada waktu tersebut!

Sumber: Diolah dari The Telegraph

Sumber Gambar: hdnux.com