Istirahat Singkat untuk Online Bisa Meningkatkan Produktivitas

amlf-internet-browsing

Banyak karyawan yang berselancar internet sambil bekerja. Bahkan para peneliti telah mengklaim bahwa membolehkan karyawan untuk berselancar di internet di tempat kerja dapat meningkatkan produktivitas. Namun para peneliti memperingatkan bahwa jika berselancar di internet tidak disiplin bisa mengakibatkan cyberloafing, yaitu menghabiskan terlalu banyak waktu untuk melakukan hal-hal lain secara online ketika mereka harus bekerja.

Penelitian yang dilakukan oleh University of Cincinnati di AS mengungkapkan bahwa mengambil istirahat singkat untuk online bisa meningkatkan produktivitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bagi mereka dengan pekerjaan yang tidak melibatkan duduk di meja terus-menerus, berselancar online dapat membuat mereka lebih produktif.

Ini artinya, dengan online, para karyawan bisa bekerja lebih baik. Namun panjang istirahat untuk online tersebut tidak boleh terlalu lama karena khawatir mereka akan kehilangan jejak pekerjaan.

Dr. Sung Doo Kim dan  Carl H. Lindner College of Business di University of Cincinnati mengatakan karyawan melaporkan manfaat berselancar online, yaitu agar bisa menyeimbangkan pekerjaan dan tanggung jawab pribadi, seperti memeriksa anak-anak mereka.  Setelah meyakinkan diri tentang anak-anak, mereka lebih mampu untuk fokus pada pekerjaan.

Dr. Kim menambahkan bahwa orang-orang akan online untuk berita industri atau penelitian yang merupakan bagian dari pengembangan profesi mereka dan meningkatkan kepuasan di tempat kerja.

Para peneliti menambahkan bahwa mereka menemukan tiga konsekuensi untuk istirahat ini, yaitu pemulihan sesaat, belajar, dan kepuasan. Namun, jika dilakukan secara tidak disiplin istirahat untuk online ini bisa berubah menjadi cyberloafing yang mengakibatkan hilangnya waktu yang berlebihan dan produktivitas.

Dengan demikian, jika Anda istirahat, ada baiknya online untuk bisa memastikan kondisi keluarga Anda sehingga setelah selesai online nanti Anda bisa bekerja lebih tenang tanpa gangguan. Kerja lebih tenang dan tanpa gangguan tersebut bisa membuat produktivitas Anda meningkat. Intinya Anda harus dapat menyeimbangkan kebutuhan untuk online dengan tanggung jawab bekerja. Online di saat istirahat merupakan cara terbaik untuk melakukannya.

Sumber: Daily Mail

Sumber Gambar: mysearchresults.co