Kucing yang Menjadi Hacker/Peretas

rsz_cats-27

Bila ada kucing tetangga yang tidur-tiduran di rumah sepanjang hari mungkin Anda perlu khawatir karena mungkin saja kucing itu adalah hacker yang disusupkan oleh tetangga Anda. Mungkin Anda tidak percaya dengan hal tersebut, namun sebuah percobaan  beberapa waktu yang lalu, bisa menjadi semacam peringatan bagi Anda, apalagi bila anda pecinta kucing.

Adalah seorang ahli keamanan bernama  Gene Bransfield di Virginia, Amerika Serikat yang menggunakan kucing untuk meng-hack jaringan tetangganya. Kucing tersebut dilengkapi dengan perangkat di sekitar lehernya untuk menemukan jaringan WiFi yang rentan. Perangkat tersebut termasuk GPS dan alat-alat hacking dengan biaya kurang dari 60 pound.

Kucing tersebut kemudian mengeksplorasi sebanyak 23 rumah dan menemukan bahwa lebih dari sepertiga dari rumah tersebut menggunakan sistem enkripsi yang rentan yang disebut WEP.

Bransfield mengatakan bahwa ia tidak punya niat jahat dalam melakukan percobaan tersebut, tetapi dengan temuan tersebut bisa dipastikan bahwa orang harus memperbarui pengaturan keamanan rumah mereka.

Berbekal perangkat GPS kecil dan beberapa alat hacking yang dipasang di leher kucing tersebut, kucing yang menjadi hacker tersebut menyelinap dari rumah ke rumah, memanfaatkan sistem WiFi yang rentan dan kemudian mengekspos jaringan WiFi tersebut sehingga dapat diakses dengan mudah.

Mungkin terdengar tidak masuk akal, tetapi hal ini adalah sebuah skenario yang bisa dimainkan dengan memanfaatkan kucing yang bisa digunakan sebagai hacker ponsel, menemukan jaringan WiFi tidak aman di lingkungan. Mulai sekarang Anda harus lebih berhati-hati ketika ada kucing tetangga yang selalu datang bermain dan menginap di rumah.

Sumber: Wired via Daily Mail

Sumber Gambar: pets3000.com (gambar hanya ilustrasi)