Mengapa Sulit Meninggalkan Media Sosial?

live-two-weeks-without-social-media

Pernah mencoba menghapus akun Facebook atau Twitter? Pernah mencoba untuk sementara waktu tidak berada di media sosial? Mengapa usaha-usaha semacam itu sepertinya useless atau sia-sia karena beberapa waktu kemudian Anda kembali aktif dan kecanduan media sosial?

Mungkin sebagian kita pernah merasakan betapa mencandunya media sosial. Di sekolah, di kampus, di tempat kerja, sambil jalan kaki, lari pagi, atau bahkan sedang di atas gunung, tak pernah bisa lepas dari media sosial. Segala sesuatu kita poskan di media sosial. Media sosial seperti penyambung penting bagi banyak orang dengan dunia luar.

Pertanyaannya, mengapa sulit meninggalkan media sosial? Dalam kalimat lain mengapa banyak orang yang kecanduan media sosial dan ketika ingin meninggalkannya sedemikian sulit? Hal-hal berikut mungkin jawabannya.

1. Semua Orang Cinta Internet

Selain berbelanja dan mengirimkan email, semua orang memahami fakta bahwa orang sangat suka berkomunikasi dengan orang lain. Internet menghubungkan orang dengan orang di sekitarnya, bahkan dengan orang lain di ujung dunia. Hal ini merupakan candu pertama. Banyak yang candu internet sehingga mereka menghabiskan sebagian besar waktunya di internet untuk chatting di berbagai kelompok dengan berbagai bahasa.

2. Evolusi Smart Phone

Telepon pintar kini hampir semua orang memilikinya. Dengan telepon pintar tersebut orang berpindah dari satu media sosial ke media sosial lainnya. Telepon pintar membuat banyak orang tergantung kepadanya. Dengan teknologi yang dimilikinya, telepon pitar menjembatani jarak antara internet dan pengguna yang terus bergerak (mobile). Pengguna kini tidak perlu lagi duduk di depan meja untuk menikmati internet dan kemudian media sosial berkat adanya telepon pintar.

3. Aplikasi

Cobalah mengingat kembali ketika media sosial Friendster tengah jadi tren. Adakah aplikasi Friendster? Jawabannya tentu tidak ada karena perangkat mobile berbentuk telepon pintar belum ada. Dengan adanya telepon pintar, berkembanglah aplikasi. Aplikasi tersebut sedemikian bagus dan banyaknya sehingga membuat pengguna sangat menyukainya. Kebanyakan aplikasi media sosial disediakan gratis sehingga hampir tidak ada alasan mengapa tidak menggunakan media sosial.

Aplikasi makin mempermudah pengguna untuk log in ke media sosial. Berbagai aplikasi media sosial tersedia dalam satu telepon pintar. Pengguna pun sedemikian menyukainya karena dengan aplikasi tersebut mereka terus tersambung dengan orang-orang di sekitarnya bahkan di bagian dunia lain.

Dengan fakta seperti yang diuraikan di atas, adalah suatu hal yang sulit untuk jauh apalagi hendak meninggalkan media sosial. Untuk itu, saran terbaik adalah mungkin Anda perlu diet media sosial. Dari sekian banyak media sosial, tidak perlu semua Anda ikuti, cukup dua atau maksimal tiga. Dari ketiga media sosial tersebut mungkin hanya satu yang aktif agar hidup Anda lebih baik.

Sumber: Diolah dari Huffingtonpost

Sumber Gambar: alsocme.com