NSA Buat Search Engine Sendiri

rsz_nsa-predictive-data

Bocoran dokumen terbaru NSA yang dibocorkan oleh Edward Snowden mengungkapkan bahwa NSA tidak hanya mengumpulkan data, tetapi juga membangun mesin pencari sendiri yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan mereka. NSA tidak hanya memanen sedemikian besar data pengguna internet, terutama Amerika Serikat tetapi juga membagi data tersebut dengan grup lain di pemerintahan AS.

Mesin pencari mirip Google yang dibangun oleh NSA tersebut dinamakan ICREACH sebagaimana dilaporkan oleh The Intercept. ICREACH berisi komunikasi dari orang asing dan jutaan catatan warga negara AS yang tidak pernah melakukan satupun kesalahan. NSA diketahui telah berbagi data catatan yang mereka peroleh tersebut dengan berbagai agen pemerintahan AS, seperti FBI, namun rincian bagaimana data tersebut dibagi dan ruang lingkup pembagian data sampai sekarang masih menjadi misteri.

NSA telah memberikan akses ke hampir dua lusin lembaga lain pemerintah AS untuk sebanyak 850 miliar data yang mencakup lebih dari 30 jenis metadata seperti catatan panggilan telepon, lokasi ponsel, faks, email, dan chatting internet.

Menurut dokumen yang bocor tersebut, ICREACH dirancang agar memungkinkan analis untuk mencari atribut tertentu, seperti nomor telepon dan menerima daftar hasil panggilan yang dibuat dan diterima selama periode waktu tertentu, misalnya satu bulan. Hasil tersebut kemudian dapat digunakan untuk menentukan siapa target dan apa kecenderungan komunikasinya secara teratur.

Menurut memo padahan tahun 2010 yang lalau, ICREACH telah diakses lebih dari 1.000 analis di 23 lembaga pemerintah AS yang melakukan pekerjaan intelijen. Sebuah dokumen perencanaan dari tahun 2007 menyebutkan bahwa DEA, FBI, CIA, dan Defense Intelligence Agency merupakan anggota inti. Informasi yang dibagi melalui ICREACH dapat digunakan untuk melacak pergerakan orang, memetakan asosiasi jaringan mereka, membantu memprediksi tindakan masa depan, dan berpotensi mengungkapkan afiliasi agama atau keyakinan politik.

Menurut dokumen NSA, penciptaan ICREACH mewakili momen penting dalam sejarah pengawasan rahasia pemerintah.

Mesin pencari ICREACH tersebut dirancang sebagai sistem internal terbesar untuk berbagi catatan pengawasan rahasia di Amerika Serikat yang mampu menangani 2 hingga 5 miliar catatan baru setiap hari yang terdiri dari 30 lebih jenis metadata yang berbeda seperti email, panggilan telepon, faks, internet chatting, dan pesan teks serta informasi lokasi yang dikumpulkan dari ponsel.

Sumber: The Intercept

Sumber Gambar: occupy.com