Orang yang Berbagi Lebih Mungkin Sukses

money

Kita sering dianjurkan untuk berbagi, tidak hanya makanan dan perasaan, tetapi juga ilmu pengetahuan. Penelitian terkini juga mendorong kita akan agar tidak egois dan mau berbagi.

Mungkin selama ini Anda beranggapan lebih mementingkan diri sendiri dan mengabaikan kebutuhan orang lain bisa mendorong Anda untuk lebih sukses. Namun ternyata hal tersebut salah, setidaknya menurut sebuah penelitian di Jerman.

Penelitian tersebut mengungkapkan bahwa berbuat baik kepada orang lain bisa mendorong Anda lebih sukses. Para ilmuwan di Jerman membuktikan bahwa pemberi lebih mungkin untuk berbagi pengetahuan dan pada gilirannya mendapatkan informasi lebih lanjut untuk diri mereka sendiri.

Para peneliti di University of  Tübingen di Jerman membagi beberapa orang ke dalam tiga kelompok berdasarkan tes kepribadian, yaitu pemberi, penerima dan pencocokan.

Dalam tugas dilema sosial, peserta diberikan uang fiktif senilai 400 dollar AS. Mereka kemudian diminta untuk memutuskan berapa banyak dari uang mereka yang akan dihibahkan ke kelompok bersama (memberikan iuran bagi kelompok yang dibentuk bersama).

Mereka diberitahu bahwa uang yang dikumpulkan di kelompok tersebut akan menjadi dua kali lipat dan dibagi rata di antara semua anggota kelompok. Dengan demikian, akan lebih bermanfaat bagi kelompok secara keseluruhan jika semua orang memberikan kontribusi hibah masing-masing. Namun, akan lebih menguntungkan pada tingkat individu jika semua orang dari kelompok memberikan kontribusi, sementara salah satu individu menahan uang mereka untuk diri sendiri.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberi (givers)  kurang berorientasi pada diri dan kurang narsis dibandingkan dengan penerima. Pemberi tidak hanya berbagi lebih banyak uang dengan kelompok, tetapi mereka juga berbagi informasi penting. Sementara penerima di sisi lain terus menyimpan uang mereka dan berbagai jenis informasi lainnya.

Ini artinya dengan menjadi pemberi, Anda tidak hanya membagi uang kepada kepada orang lain, tetapi juga berbagi informasi. Dengan demikian akan terjadi pertukaran informasi sehingga kemungkinan pemberi saling berbagi informasi yang mungkin bisa mendorong mereka untuk sukses. Penerima lebih cenderung menahan uang mereka dan informasi. Hal ini membuat mereka lebih berorientasi kepada diri mereka sendiri dan tidak mau menolong orang lain. Akibatnya mereka akan tetap seperti itu.

Sumber: Daily Mail

Sumber Gambar: montgomery.com