Perilaku Menggunakan Ponsel di Restoran

rest

Anda pasti tak asing dengan perilaku pengguna ponsel/smartphone ketika mereka makan/minum di restoran. Kalau dulu sebelum makan/minum orang berdoa, kini dengan kemajuan smartphone banyak orang sebelum makan/minum sesuatu di restoran memfoto makanan atau minuman tersebut terlebih dahulu.

Ternyata perilaku tersebut tidak hanya kita temukan di Indonesia, dimana memfoto makanan atau minuman sebelum dimakan atau diminum sudah menjadi suatu kebiasaan pengguna ponsel. Di Amerika Serikat cukup banyak juga pengguna yang memfoto makanan atau minuman sebelum mereka makan dan minum. Dari sebuah survei yang dilakukan Bookatable, terdapat 28% pengguna yang menggunakan ponsel ketika makan di restoran.

Namun demikian, 79% dari mereka yang disurvei mengatakan perilaku menggunakan ponsel/smartphone ketika makan direstoran tersebut sesuatu yang kasar dan menjengkelkan. Survei tersebut juga menemukan bahwa jika ponsel dilarang digunakan ketika makan di restoran, maka pengunjung akan makan lebih banyak.

Perilaku menggunakan ponsel ketika sedang makan ini ternyata berdampak negatif terhadap restoran yang dikunjungi. Seorang pemilik restoran di New York baru-baru ini menemukan bahwa orang membutuhkan waktu dua kali lebih lama untuk menghabiskan makanan mereka karena mereka sibuk menggunakan ponsel mereka untuk chatting, mengambil foto dan posting di media sosial.

Dengan makin lamanya pengunjung berada di restoran, artinya pengunjung baru akan sulit mendapat tempat. Hal ini pada akhirnya akan berpengaruh kepada pendapatan restoran tersebut.

Pada tahun 2004, pengunjung akan menghabiskan makanan dan membayar tagihan dalam waktu satu jam lima menit. Namun di tahun 2014 ini, sebelum pengunjung membuka menu, pengunjung mengambil foto dengan ponsel mereka dan kemudian mencoba terhubung ke WiFi restoran. Total waktu rata-rata dari ketika pelanggan duduk sampai mereka menempatkan pesanan mereka adalah 21 menit. Sebanyak 27 dari 45 pelanggan meminta pelayan untuk mengambil foto kelompok dan waktu rata-rata dari awal sampai akhir dari makanan adalah satu jam dan 55 menit.

Ini artinya pengunjung menjadi sangat lama di restoran sehingga pengunjung baru sulit sekali untuk mendapatkan tempat. Perilaku menggunakan ponsel di restoran tersebut mungkin saja sesuatu yang bagus di mata pengunjung, namun belum tentu bagus untuk restoran, apalagi bila restoran tersebut cukup banyak pelanggannya.

Sumber: Daily Mail

Sumber Gambar: abcnews.com