Tak Ada Sinyal? Jangan Khawatir Ada goTenna

rsz_gotenna-smartphone

Sinyal operator menjadi tumpuan banyak orang untuk terus bisa terhubung dengan teman mereka, entah itu di media sosial atau di dunia nyata. Namun, bagaimana kalau seandainya tidak ada sinyal operator? Masihkah bisa terhubung, terutama dengan teman di dunia nyata?

Berkat sebuah alat yang disebut goTenna, kini mereka yang suka pergi ke festival musik, mereka yang suka hiking dan memanjat gunung atau bahkan pengedar obat terlarang tetap bisa terhubung dengan teman mereka. goTennna adalah sebuah alat yang dapat menghubungkan dua ponsel yang berjarak lebih dari jarak 50 mil bahkan ketika tidak ada sinyal operator sama sekali.

goTenna terhubung ke smartphone atau tablet melalui Bluetooth dan memungkinkan pengguna untuk mengirim dan menerima pesan teks atau lokasi berbagi GPS secara gratis menggunakan aplikasi yang telah dikustomisasi.

Di Inggris perangkat ini sedang dipasarkan dan merupakan solusi ampuh untuk tetap berhubungan dengan teman atau orang lain ketika berada di daerah pedesaan atau pedalaman yang tidak termasuk cakupan jaringan operator atau ketika mengikuti peristiwa yang sangat sibuk seperti festival musik di mana jaringan mobile dapat menjadi kewalahan.

Meskipun demikian, perangkat ini bisa saja digunakan untuk tujuan jahat, misalnya oleh para pengedar obat terlarang yang komunikasinya tidak ingin diintai oleh aparat keamanan.

Menurut penciptanya, perangkat ini bisa bekerja pada jarak sejauh 50 mil. Perangkat ini terhubung ke ponsel melalui Bluetooth Low-Energy (BTLE) sehingga harus tetap berada dalam jarak 20 kaki dari perangkat.

Pesan yang dikirim melalui layanan akan dienkripsi dengan RSA-1024 dan dapat bisa diatur untuk terhapus secara otomatis pada saat telah diterima. Fungsi ini mirip dengan SnapChat. Namun demikian goTenna  tidak dapat digunakan untuk mengirim pesan langsung ke smartphone, hanya untuk perangkat lain yang terhubung dengan goTenna.

Perangkat ini tersedia untuk pre-order dengan harga 149,99 dollar AS untuk satu pasang, 50% lebih murah dibandingkan nanti setelah dirilis. goTenna kompatibel dengan  iOS Apple yang menjalankan iOS 7 atau yang lebih tinggi atau perangkat Android seri 4.x atau yang lebih tinggi.

Sumber: The Telegraph

Sumber Gambar: gizmologia.com