Tweet yang Disukai Pengguna untuk Di-Retweet

rsz_retweet

Fitur Retweet merupakan fitur penting di Twitter. Fitur ini memungkinkan pengguna yang bukan follower akun tertentu memperoleh update karena adanya pengguna lain yang me-retweet tweet tersebut. Terkadang, seberapa banyak sebuah tweet di retweet malah menjadi ukuran seberapa populernya tweet tersebut.

Ada beberapa keuntungan dengan di-retweet-nya sebuah tweet tertentu. Di antaranya adalah kemungkinan bertambahnya follower. Kemudian kepopuleran pengguna juga sangat mungkin naik berkat banyaknya tweet pengguna tersebut di-retweet.

Namun sejauh ini tidak banyak orang yang tahu, tweet seperti apa yang disukai oleh pengguna Twitter untuk di-retweet. Jawabannya adalah sebagai berikut.

1. Breaking News

Twitter telah berkembang menjadi sebuah platform media sosial di mana berita beredar pertama kali. Hal ini mendorong pengguna Twitter untuk selalu berada di atas dengan menyebarkan berita pertama kali di Twitter. Dengan demikian, para follower akan sangat senang memperoleh berita terkini sehingga tanpa pikir panjang melakukan retweet.

Pengalaman menunjukkan melakukan tweet tepat waktu, berita yang layak dan membuat semacam urgensi dengan menempatkan kata Breaking pada tweet  mendapatkan hasil maksimal retweets. Ini artinya, berita terkini mendapat banyak perhatian pengguna Twitter dan mereka senang untuk me-retweet tweet berita breaking news tersebut.

2. Tweet dengan Foto

Menurut sebuah penelitian, tweet yang menyertakan foto memiliki peluang sebesar 94% untuk di-retweet. Dengan demikian, jika anda ingin tweet anda di-retweet, harap sertakan foto yang ditempelkan langung ke tweet.

Tweet yang disertai foto tersebut harus langsung ada di timeline pengguna, bukan yang berupa link ke Path, Instagram atau Facebook. Jika anda melakukan ini, kemungkinan pengguna tidak akan me-retweet-nya karena mereka tidak melihat foto tersebut secara langsung.

3. Tweet dengan Fakta dan Angka

Sangat banyak pengguna Twitter yang suka angka dan fakta. Akun seperti fakta Google  (@FaktaGoogle) memperoleh banyak retweet karena menampilkan fakta-fakta dan angka meskipun fakta dan angka tersebut butuh untuk diverifikasi. Ini artinya pengguna Twitter cenderung tidak melihat apakah fakta itu benar atau salah, namun lebih suka melakukan retweet.

Anda juga bisa melihat akun-akun lain yang mengemukakan fakta dan angka juga memperoleh retweet yang sangat banyak. Selain itu, akun yang mengungkap fakta dan angka ini juga sangat banyak. Hal ini sebuah bukti jika anda melakukan tweet dengan fakta dan angka, kemungkina tweet anda akan di-retweet.

4. Tweet dengan Please Retweet

Tidak jarang pengguna Twitter menambahkan please retweet di tweet yang mereka lakukan. Jenis tweet ini ternyata juga banyak yang me-retweet. Untuk itu, terkadang anda perlu menambahkan please retweet untuk tweet tertentu yang anda rasa banyak manfaatnya.

5. Tweet dengan 100 Hingga 115 Karakater

Ada kecenderungan pengguna Twitter me-retweet tweet yang tidak terlalu pendek, tetapi tidak juga terlalu panjang. Menurut penelitian tweet seperti ini memiliki karakter minimal 100 dan maksimal 115 karakter. Mungkin anda perlu mencoba untuk melakukan hal ini.

6. Tweet Lucu/Humor

Jika anda punya bakat melucu, mungkin anda bisa manfaatkan dengan cara men-tweet-kan lelucon yang anda miliki.

7. Tweet Berisi Tips dan Arahan

Jenis tweet ini ternyata juga banyak yang me-retweet. Jika anda punya tips dan trik tentang sesuatu, bagusnya anda jadikan tweet. Nantinya akna memperoleh banyak retweet.

Sumber: The Next Web

Sumber Gambar: pokerstarsblog.com