6 Langkah Mengamankan Kerja Mobile

Businesswoman_with_2689130b

Dengan adanya tren Bring Your Own Device (BYOD), sangat banyak orang yang bekerja dengan perangkat mobile. Perangkat mobile telah mengubah cara banyak orang dalam bekerja sehingga tidak saja menguntungkan karena adanya efisiensi, tetapi juga menimbulkan kekhawatiran terkait dengan keamanan perangkat yang digunakan untuk bekerja mobile tersebut.

Malware tidak hanya menyerang komputer atau PC, tetapi juga perangkat mobile yang justru sangat rentan karena tidak adanya suatu sistem keamanan terpadu yang dibangun perusahaan. Oleh karena itu, diperlukan langkah-langkah penting yang untuk mengamankan kerja mobile tersebut.

Tujuh (7) cara berikut ini bisa dijadikan langkah awal untuk mengamankan kerja mobile yang anda lakukan.

1. Tambahkan Peranti Keamanan untuk Jaringan Wireless

Tambahkan peranti keamanan untuk jaringan nirkabel Anda. Gunakan password atau kunci keamanan untuk membantu menjaga smartphone yang tidak sah mengakses koneksi nirkabel Anda. Anda juga harus menggunakan teknologi enkripsi untuk melindungi informasi yang dikirimkan melalui jaringan Anda.

2. Berikan PIN atau Password

Pasang PIN atau password di perangkat yang digunakan untuk bekerja. Karyawan yang menggunakan perangkat mobile untuk bisnis dapat membawa informasi sensitif perusahaan pada ponsel mereka. Jika telepon jatuh ke tangan yang salah, PIN atau passcode adalah garis pertahanan pertama. Mendorong pengguna untuk membuat password yang kuat adalah salah satu cara agar informasi tentang perusahaan tidak bisa diakses oleh orang yang tidak berhak.

3. Periksa Hak Akses Aplikasi

Setiap orang yang bekerja mobile perlu benar-benar memperhatikan izin yang diminta oleh aplikasi sehingga aplikasi tersebut bisa dipasang di perangkat. Jika Anda menggunakan perangkat untuk bekerja, perhatikan apa saja yang diminta oleh aplikasi. Anda harus memeriksa izin aplikasi tersebut sebelum memberikan akses.

3. Mengatur Akses Aplikasi terhadap Jaringan

Jika aplikasi memiliki kelemahan, aplikasi lebih mudah untuk ditembus dan menimbulkan ancaman terhadap keamanan organisasi. Lindungi perusahaan tempat Anda bekerja dengan mengembangkan kebijakan aplikasi apa saja yang dapat didownload atau diakses melalui jaringan perusahaan.

4. Hilang, Kunci, dan Hapus

Tentukan sebuah aplikasi pada perangkat mobile yang memungkinkan Anda dan karyawan untuk mengunci dan menghapus data yang ada di perangkat jika  terjadi kasus pencurian atau kehilangan. Kunci dan hapus perangkat yang hilang tersebut secara remote sehingga  data Anda, termasuk kontak, pesan teks, foto, email, browser history dan akun pengguna tidak bisa dimanfaatkan oleh orang lain.

5. Update, Update, dan Update

Pastikan anda membiasakan diri untuk memperbarui aplikasi segera setelah mereka diminta untuk diperbarui. Pembaruan perangkat lunak dapat mencakup perbaikan untuk kerentanan baru dan celah keamanan yang dieksploitasi.

6. Berikan Perhatian yang Sama

Jangan biarkan keamanan mobile menjadi kelemahan Anda. Dengan begitu banyak data pribadi pada perangkat dan jumlah malware di ponsel terus meningkat, Anda  perlu memberikan perhatian yang sama dengan yang diberikan kepada perlindungan PC.

Sumber: Symantec

Sumber Gambar: The Telegraph