6 Miliar Dollar Denda Google

Google-Office-Freshome02

Eropa atau EU masih merupakan kawasan yang sangat sulit bagi Google terkait dengan kasus antitrust yang menimpa mereka. Perlu diketahui, di Eropa, penguasaan mesin pencari Google di atas 90% sehingga regulator terasa sangat keras terhadap Google.

Saat ini Google masih terlibat sengketa antitrust dengan Komisi Eropa. Perkembangan barunya adalah kemungkinan Google akan dikenakan denda yang lebih besar daripada denda yang pernah menimpa Microsoft sebesar 2,2 miliar euro. Ancaman denda yang diberikan Komisi Eropa kepada Google adalah sebesar 6 miliar dollar.

Joaquín Almunia, komisaris persaingan usaha Komisi Eropa mengatakan kepada parlemen Eropa bahwa jika Google tidak mengikuti apa yang diinginkan Komisi Eropa, mereka akan dikenakan denda sebanyak 10% dari pendapatan global Google yang besarnya minimal 6 miliar dollar.

Ia menambahkan bahwa Microsoft diselidiki selama 16 tahun dengan jumlah investigasi sebanyak yang dilakukan terhadap Google, yaitu empat kali  dan terdapat lebih banyak masalah dengan Google daripada Microsoft.

Komentar Jaoquin Almunia ini berbeda jauh dengan  posisinya sebelum musim panas. Waktu itu  ia menyatakan siap untuk menerima proposal ketiga dari Google untuk menyelesaikan sengketa yang telah lama berlangsung, yaitu semenjak bulan November 2010. Perlu diketahui, saingan Google termasuk Microsoft adalah salah satu pengadu terlihat cukup senang dengan kondisi yang menimpa Google tersebut.

Google menguasai lebih dari 90% pasar pencarian online di Eropa, jauh lebih tinggi daripada di Amerika Serikat. Jika denda ini diberlakukan, maka pukulan cukup telak bagi Google dan mungkin merupakan denda paling besar yang pernah mereka bayarkan.

Sumber: The Guardian

Sumber Gambar: freshome.com