Buang Jauh Gadget Ketika Bercinta

Couple using Smart Phone and Tablet PC, Mannheim, Baden-Wurttemberg, Germany

Ada baiknya gadget kesayangan Anda seperti smartphone atau tablet dijauhkan dari kamar tidur Anda atau saat berganti pakaian atau sedang di kamar mandi/toilet. Hal ini karena fitur kamera yang ada di gadget tersebut bisa diserang oleh aplikasi/software berbahaya yang kemudian digunakan untuk merekam segala aktivitas Anda termasuk yang paling intim, saat Anda bercinta.

Data dari sebuah perusahaan keamanan menunjukkan bahwa di Inggris 57% orang dewasa melakukan hubungan seks di dekat perangkat yang memiliki kemampuan kamera, 44% membawa perangkat tersebut ke toilet, dan 37% menanggalkan pakaian mereka di dekat perangkat dengan kemampuan kamera tersebut. Sebanyak 30% meninggalkan dokumen sensitif atau alat pembayaran (kartu debit/kredit) di dekat perangkat berkemampuan kamera. Padahal hacker bisa dengan mudah menggunakan malware untuk mengambil alih kamera built-in yang ada di perangkat tersebut.

Perusahaan keamanan tersebut juga menyebutkan hanya 20%  dari pengguna ponsel dan 15 persen dari pengguna tablet yang memahami potensi risiko dari perangkat dan mengambil tindakan untuk melindungi privasi mereka. Sebanyak 36% dari yang 20% ini  secara fisik menutup lensa kamera dengan pita atau stiker.

David Emm, peneliti keamanan senior di Kaspersky Lab mengatakan bahwa pengguna menganggap  perangkat mobile sebagai jendela melihat dunia dan tidak menyadari bahwa bagi penjahat cyber perangkat tersebut merupakan  jendela bagi mereka untuk mengintai pengguna. Dengan melakukan hacking ke kamera perangkat, penjahat cyber memiliki  akses terhadap gambar pengguna, momen paling intim, identitas pengguna  dan orang-orang yang paling ingin dilindungi, seperti anak-anak.

Sebagai bukti adalah aktivitas pengintaian yang dilakukan GCHQ Inggris (badan yang setara NSA, Amerika Serikat) yang terungkap awal tahun ini. GCHQ telah mengoperasikan proyek pengintaian rahasia yang disebut Nerve Optic yang menangkap gambar dari jutaan pengguna chatting webcam Yahoo.

Ini artinya perangkat dengan kemampuan kamera dan video sangat bisa ditembus oleh penjahat cyber sehingga apapun kegiatan pengguna dapat mereka rekam dan kemudian diperjualbelikan di pasar gelap atau kemungkinan buruk lainnya, yaitu pemerasan.

Untuk itu, ada baiknya Anda membuang jauh-jauh perangkat yang memiliki kemampuan kamera jika Anda melakukan aktivitas intim bersama pasangan atau sedang menanggalkan pakaian atau di toilet.

Sumber: The Telegraph

Sumber Gambar: Daily Mail