Cara Berbagi Foto Keluarga secara Aman

Kids w Film Cameras (1)

Bukan sesuatu yang aneh lagi ketika ada berita mengenai foto-foto sensitif yang diumbar oleh hacker. Banyak orang, bahkan mungkin sebagian besar pengguna internet mengandalkan cara berbagi foto mereka ke platform yang disediakan oleh internet seperti media sosial yang sangat rentan dibobol oleh hacker. Tidak itu saja, penyimpanan cloud yang menjadi pilihan lain selain media sosial, ternyata tidak cukup aman, terutama bagi mereka dengan predikat selebritis.

Foto, terlebih foto pribadi dan foto anggota keluarga lainnya semestinya diberikan perlakuan yang istimewa dibandingkan dengan foto biasa. Namun, sayangnya, sebagian besar pengguna internet menyamaratakan foto keluarga dan foto biasa yang mereka bagi di internet. Hal ini tidak saja berisiko di masa depan, terutama bagi anak, tetapi juga menjadi ladang mengeruk keuntungan oleh layanan tempat di mana foto tersebut dibagi.

Untuk itu, anda perlu menegatahui cara berbagi foto keluarga yang aman, yaitu sebagai berikut.

1. Gunakan Analog

Cara hebat agar anggota keluarga anda, terutama anak yang masih di bawa umur tidak membuat profil mereka di media sosial adalah gunakan teknologi analog. Ini artinya Anda harus mau kembali ke teknologi yang mungkin sangat sedikit orang menggunakan saat ini, yaitu kamera dengan film.

Ambillah foto leluarga anda dengan kamera film kemudian cetak di toko-toko yang masih menyediakan jasa pencetakan foto dengan film setelah itu bagikan dengan anggota keluarga lainnya dalam bentuk album foto. Teman-teman anda akan mengomentari foto tersebut, namun komentarnya tidak akan terekam di internet sehingga tidak ada jalan untuk sampai ke foto tersebut.

2. Dropbox

Jasa penyimpanan file digital seperti Dropbox memberikan pilihan yang mungkin bisa dipertimbangkan untuk anda yang mungkin tidak bisa kembali ke teknologi analog. Sayangnya untuk bisa memiliki keleluasaan yang lebih, Anda perlu meng-upgrade akun Anda menjadi pro dengan biaya berlangganan per bulan 7,99 pound. Harga ini akan sangat murah bila anda mesti menghadapi risiko tercurinya foto anak anda oleh orang lain. Namun sayangnya, Edward Snowden tidak merekomendasikan Dropbox.

3. Cloud Storage

Untuk mereka yang orang biasa atau tidak terkenal, cloud storage merupakan pilihan yang cukup masuk akal. Biasanya hacker lebih sering mengincar orang yang terkenal/selebritis dan jarang mengincar pengguna biasa. Namun demikian, pilihan cloud storage tetap harus diputuskan secara hati-hati, misalnya iCloud, One Drive atau Google. Masing-masing layanan ini memiliki syarat atau ketentuan yang berbeda dan memiliki tarif yang berbeda-beda.

Satu hal yang patut Anda perhatikan adalah jangan mengumbar foto-foto keluarga Anda di media sosial, terutama foto anak dengan tag lokasi. Anda tidak akan pernah bisa tahu apa dampak bagi anak Anda di masa depan karena fotonya Anda umbar di media sosial tanpa ada kekuasaan baginya untuk menolak.

Sumber: Diolah dari The Guardian

Sumber Gambar: shootingfilm.net