Generasi Muda AS Lebih Banyak Membaca Buku

rsz_woman-reading-a-book-on-sofa

Di tengah maraknya gadget yang tersambung dengan internet ternyata generasi muda di Amerika Serikat (di bawah 30 tahun) lebih banyak membaca buku dibandingkan dengan generasi yang lebih dewasa atau lebih tua. Hal ini dibuktikan oleh sebuah penelitian baru-baru ini.

Dengan teknologi yang ada di ujung jari mereka, bukan tidak mungkin buku akan menjadi masa lalu bagi generasi muda. Namun kenyataannya bukanlah demikian. Penelitian baru di Amerika Serikat telah menemukan bahwa meskipun melimpahnya gadget yang ditawarkan kepada mereka, generasi muda AS lebih mungkin membaca sebuah buku di tahun lalu dibandingkan dengan orang dewasa atau yang lebih tua.

Survei Pew Research terhadap lebih dari 6.000 orang Amerika berusia mulai dari 16 tahun menemukan 88% orang Amerika di bawah usia 30 membaca buku dalam satu tahun terakhir, sementara mereka yang berusia lebih dari 30 tahun hanya  79%. Orang dewasa berusia lebih dari 65 tahun merupakan kelompok usia paling sedikit membaca buku dalam satu tahun terakhir.

Generasi muda di AS juga lebih teratur dalam membaca buku dengan persetase 43% membaca buku secara harian, sedangkan orang dewasa atau mereka yang lebih tua hanya 40% yang membaca buku secara harian.

Penelitian tersebut juga mengemukakan faktor lain, yaitu buku masih dibutuhkan selain internet. 62% dari generasi muda AS mengatakan ada banyak informasi penting yang berguna, tetapi tidak tersedia di internet. 53% orang Amerika yang lebih tua juga menyatakan hal yang sama.

Persentase orang Amerika yang berusia lebih dari 16 tahun yang membaca setidaknya satu buku setahun tampaknya juga meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Angka-angka terbaru menunjukkan bahwa 82% orang Amerika yang berusia lebih dari 16 tahun termasuk dalam kategori ini, naik dari angka 76% pada tahun 2013.

Melihat fakta-fakta tersebut tentu cukup menggembirakan karena generasi yang selalu tersambung ke internet dengan berbagai perangkat ternyata masih sangat suka membaca buku. Internet ternyata tidak membuat buku menjadi masa lalu, bahkan buku bisa melengkapi informasi bagi generasi muda tersebut karena tidak semua informasi penting yang berguna ada di internet..

Adalah suatu yang membanggakan nantinya di Indonesia, di tengah makin populernya internet, media sosial, dan smartphone, generasi mudanya juga sangat suka membaca buku. Semoga!

Sumber: The Guardian

Sumber Gambar: mirror.co.uk