Hacker iCloud Gunakan Flappy Bird Palsu

rsz_flappy_clones

Masih ingat game yang sangat sulit untuk ditaklukkan sehingga membuat banyak orang penasaran? Masih ingat ada sedemikian banyak tiruan dari game tersebut yang mencoba menarik pengguna dengan cara membuat game yang hampir sama? Itulah game Flappy Bird yang sempat menjadi perbincangan banyak orang beberapa waktu yang lalu.

Sampai sekarang pun, meskipun game tersebut telah dihapus oleh pembuatnya, kepopuleran Flappy Bird masih tinggi. Hal ini terbukti dengan adanya rencana hacker iCloud yang baru-baru ini membocorkan foto dan video telanjang 100-an lebih selebriti dengan cara menembus akun iCloud mereka.

Para hacker tersebut berencana menggunakan Flappy Bird palsu yang dipenuhi oleh malware untuk mencuri foto dari smartphone berbasis Android. Rencana ini terungkap oleh seorang peneliti keamanan beberapa waktu yang lalu.

Hacker tersebut bertujuan untuk mengeksploitasi kecerobohan pengguna Android terkait dengan izin yang diminta oleh aplikasi Android agar aplikasi bisa dipasang di ponsel. Nantinya hacker melalui aplikasi yang telah dipasang akan mendapatkan akses ke foto yang tersimpan di ponsel dan menyedot foto tersebut ke lokasi lain yang bisa dikendalikan sebelum Google melihat dan memblokir aplikasi berbahaya tersebut.

Lingkaran para hacker tersebut menurut peneliti keamanan telah mencuri dan memperdagangkan foto curian untuk waktu kurang lebih dua setengah tahun dikenal dengan stol, singkatan dari stolen yang merupakan forum kelompok hacker AnonIB, sebuah spin off dari komunitas 4Chan yang terkenal.

Kelompok hacker tersebut mempertemukan para hacker yang menembus ponsel, komputer dan layanan cloud sebagai back up untuk memperoleh akses kepada foto-foto pribadi selebriti dengan para penadah yang berani membayar dengan sejumlah uang untuk foto-foto yang belum dipublikasikan.

Melihat peristiwa ini adalah sangat bijak untuk melihat terlebih dahulu sebelum memberikan izin akses kepada berbagai aplikasi terutama yang menjadi tiruan Flappy Bird. Pengguna Android diharapkan berhati-hati dan tidak mudah untuk tergiur memainkan game tiruan Flappy Bird tersebut karena mungkin saja game tersebut membawa malware yang berpotensi mencuri foto pribadi yang ada di ponsel.

Sumber: The Guardian

Sumber Gambar: wazzuppilipinas.com