Layar Kedua Membuat Otak Rusak

19BGMOBILE__TV_1461324g

Anda mungkin sering sekali melakukan hal ini, menonton televisi sambil melakukan aktivitas di smartphone, komputer  atau tablet seperti mengecek media sosial, browsing internet, chatting atau mengirimkan email. Imuwan telah memperingatkan bahwa perilaku menonton televisi sambil beraktivitas di smartphone/tablet tersebut bisa membuat otak rusak, memicu depresi dan masalah emosi.

Fenomena menonton televisi sambil tetap melakukan aktivitas di smartphone, komputer atau tablet tersebut dikenal dengan layar kedua. Namun aktivtas ini dipercaya oleh ilmuwan bisa berbahaya.

Para peneliti di University of Sussex menemukan bahwa daerah otak yang dikenal sebagai anterior cingulate cortex (ACC) lebih kecil pada orang yang menggunakan perangkat elektronik paling banyak secara bersamaan. Bagian dari otak tersebut mengatur emosi dan terlibat dalam pengambilan keputusan, penalaran, kontrol impuls dan empati.

Perlu diketahui, di Inggris terdapat hampir dua pertiga dari remaja menggunakan layar kedua sambil menonton televisi. Namun, tampaknya fenomena layar kedua ini bukan hanya dialami remaja di Inggris, tetapi juga kebanyakan orang dewasa di Indonesia yang sering menonton tayangan televisi sambil beraktivitas di smartphone atau tablet.

Para peneliti mengakui bahwa orang-orang dengan anterior cingulate cortex (ACC) yang lebih kecil cenderung untuk menggunakan lebih banyak perangkat. Peneliti mengklaim bahwa adalah masuk akal bila terlalu banyak teknologi bisa secara langsung merusak otak.

Menurut ahli saraf Kep Kee Loh, perangkat multitasking menjadi lebih umum dalam kehidupan manusia hari ini dan ada peningkatan kekhawatiran tentang dampaknya terhadap kognisi dan kesejahteraan sosial emosional. Ia menambahkan adalah penting untuk menciptakan kesadaran bahwa cara kita berinteraksi dengan perangkat mungkin mengubah cara kita berpikir dan perubahan ini mungkin terjadi pada tingkat struktur otak.

Tentunya hal ini sesuatu yang patut diperhatikan. Bila Anda terus-menerus melakukan multitasking sambil menonton televisi, hal ini bisa membuat Anda depresi bahkan bisa merusak otak Anda.

Sumber: The Telegraph

Sumber Gambar: thehindu.com