Orang Tua Lebih Suka Mendiskusikan Seks daripada Keamanan di Internet

Family in living room with laptop smiling

Keamanan anak di internet ternyata bukan topik menarik bagi orang tua, setidaknya di Inggris. Orang tua di Inggris lebih suka mendiskusikan masalah seks atau pubertas dibandingkan membicarakan bagaimana berinternet dengan aman. Orang tua juga lebih memilih membicarakan topik-topik sulit seperti burung, lebah, dan ras daripada membicarakan bagaimana menggunakan internet secara aman dengan anak mereka.

Hal ini dibuktikan oleh sebuah survei terhadap orang tua dengan anak berusia antara empat hingga duabelas tahun. Survei tersebut menemukan bahwa 45 persen orang tua tidak pernah berbicara dengan anak-anak mereka tentang keamanan internet, meskipun 74 persen mengakui bahwa hal tersebut adalah tanggung jawab mereka untuk menjaga anak aman dari bahaya di internet seperti online grooming.

Lebih dari sepertiga orang tua mengatakan bahwa mereka kurang percaya diri dalam hal pengetahuan dan kemampuan mereka sendiri dan tidak yakin bagaimana untuk melengkapi anak-anak mereka untuk bertanggung jawab secara online. Satu dari lima orang tua juga mengatakan bahwa mereka benar-benar tidak tahu tentang apa yang dilakukan secara online oleh anak-anak mereka dan hanya tiga dari sepuluh orang tua yang percaya bahwa anak-anak mereka bertindak secara bertanggung jawab ketika menggunakan internet.

Kekhawatiran orang tua tersebut menyebabkan banyak dari mereka  menghindari tanggung jawab. Hanya 36 persen orang tua yang mengatakan bahwa mereka berencana untuk berdiskusi tentang topik internet di waktu yang akan datang dan hampir satu dari sepuluh (sembilan persen) orang tua yang mengaku mereka tidak berniat untuk membahasnya sama sekali.

Usia tujuh tahun merupakan usia umum untuk memulai percakapan tentang keamanan internet dengan anak. Ironisnya, sepertiga dari orang tua yang berusia antara 25 hingga 34 tahun mengatakan akan mengadalkan internet untuk mencari nasihat terbaik bagaimana pendekatan untuk berbicara dengan anak tentang topik keamanan internet tersebut. Sebanyak 45% lainnya dari orang tua mengatakan akan menanyakan kepada orang tua mereka (kakek/nenek dari anak) tentang saran yang terbaik.

Dengan fakta tersebut, kita bisa mengetahui bahwa topik keamanan di internet bukanlah topik yang menarik untuk didiskusikan oleh orang tua dengan anak, bahkan di negara yang sudah maju sekalipun, seperti Inggris, apalagi negara berkembang seperti Indonesia.

Sumber: The Telegraph

Sumber Gambar: The Telegraph