Foto Ekplisit Pengguna Snapchat Bocor Melalui Pihak Ketiga

140102171531-snapchat-app-story-top

Media sosial Snapchat sedang dirundung masalah. Sekitar 13 GB foto pengguna berkategori eksplisit bocor ke publik melalui aplikasi pihak ketiga.

Sebanyak 200.000 pengguna aplikasi Snapchat yang kebanyakan adalah remaja  fotonya dikumpulkan oleh pihak ketiga selama beberapa tahun kemudian di-posting di sebuah situs web.

Peristiwa ini kemudian terkenal dengan sebutan Snappening sebagai peristiwa berikutnya dari Fappening saat foto-foto ekplisit seleberiti dicuri dari akun iCloud termasuk Jennifer Lawrence, Rihanna, Rita Ora dan Kim Kardashian.

Snapchat memungkinkan pengguna untuk berbagi video dan gambar yang akan terhapus otomatis 10 detik setelah diterima, namun ada kemungkinan untuk menyimpan foto. Foto yang disimpan tersebut ditempatkan pada server sebuah situs web yang disebut Snapsaved. Snapsaved adalah  tempat di mana pengguna Snapchat bisa menyimpan foto ekplisit tersebut daripada disimpan di perangkat. Foto dan video yang bocor telah di-posting di 4Chan, situs yang sama yang tempat foto para selebriti pertama kali dibocorkan.

Snapchat mengatakan bahwa server mereka tidak mengalami kebocoran, tetapi kebocoran tersebut melalui aplikasi pihaj ketiga. Pengguna Snapchat diduga menjadi korban penggunaan aplikasi pihak ketiga untuk mengirim dan menerima snap (foto/video yang dikirimkan), sebuah praktek yang sebenarnya dilarang olhe Snapchat.

Sebelumnya, polisi dan badan amal anak-anak telah memperingatkan remaja dari bahaya menggunakan aplikasi Snapchat untuk mengirim gambar porno. Perlu diketahui, setengah dari 4,6 juta pengguna Snapchat adalah remaja berusia antara 13 hingga 17 tahun dan ada kekhawatiran bahwa foto bocoran tersebut kemungkinan foto anak-anak.

Peristiwa ini adalah suatu yang sangat disayangkan. Namun demikian, pengguna Snapchat seharusnya menaati aturan media sosial tersebut untuk menghapus foto sesuai dengan yang telah ditentukan, bukan malah menyimpannya melalui aplikasi pihak ketiga yang kemungkinan besar bisa bocor.

Sumber: The Guardian

Sumber Gambar: CNN