Komputer Gedung Putih Jadi Target Hacker

131016171913-online-anonymity-620xa

 

Hacker Rusia dilaporkan telah menyusupi jaringan komputer Gedung Putih sehingga menyebabkan gangguan sementara terhadap jaringan komputer tersebut. Peristiwa ini dilaporkan dua hari yang lalu oleh seorang pejabat yang tidak mau disebutkan namanya ke The Washington Post.

Pejabat anonim tersebut percaya bahwa serangan terhadap jaringan komputer di Gedung Putih tersebut disponsori oleh negara, namun menolak mengatakan seberapa banyak data yang berhasil diambil oleh hacker.

Beberapa karyawan Gedung Putih diminta untuk mengubah password mereka, dan intranet serta akses VPN dimatikan selama periode tertentu, tetapi sistem email hanya mengalami penundaan kecil.

FBI, Secret Service dan National Security Agency (NSA)  dilaporkan telah menyelidiki penyusupan tersebut yang ditemukan dua sampai tiga minggu yang lalu. Rusia dianggap sebagai penyerang  yang paling mungkin melakukan serangan tersebut.

Tampaknya, sebagaimana dilaporkan beberapa waktu yang lalu, serangan cyber yang disponsori oleh negara kian terus meningkat. Hal ini mungkin saja akibat adanya ketegangan hubungan antarnegara atau keinginan negara lain untuk mencuri data negara lain. Sejauh ini China merupakan negara yang disangka cukup sering melakukan serangan cyber dengan sponsor negara. Hacker yang disponsori pemerintah China dituduh telah menyusupi jaringan komputer perusahaan teknologi AS.

Sumber: The Telegraph