Membocorkan Data dari Komputer tanpa Jaringan

kinja

 

Selama ini terdapat anggapan bahwa komputer yang terisolasi tidak bisa dibocorkan data yang ada di dalamnya. Namun penelitian terbaru dari peneliti keamanan Ben Gurion University menyajikan hal yang sebaliknya.

Peneliti keamanan Mordechai Guri dengan bimbingan Prof. Yuval Elovici dari laboratorium keamanan cyber di Ben Gurion University Israel menyajikan sebuah metode terobosan yang disebut AirHopper yang mampu membocorkan data dari komputer yang terisolasi ke telepon selular tanpa kehadiran jaringan.

Dalam fasilitas yang sangat aman saat ini terdapat asumsi bahwa bahwa data tidak bisa bocor di luar jaringan internal yang terisolasi. Hal ini disebut air gap security.

Kebijakan umum dalam sebuah organisasi yang aman adalah untuk Anda harus meninggalkan ponsel di loker ketika memasuki fasilitas dan kemudian mengambilnya kembali ketika keluar dari fasilitas tersebut. Peneliti laboratorium keamanan cyber menantang asumsi ini dan menemukan cara untuk membocorkan data dari komputer dalam organisasi ke remote ponsel tanpa menggunakan Wifi atau Bluetooth. Tentu saja, teknik tersebut dapat digunakan secara potensial oleh orang-orang dan organisasi dengan niat jahat.

Ide utama di balik penelitian ini adalah dengan menggunakan frekuensi radio bisa mengirimkan data rahasia dari komputer ke ponsel. Ponsel biasanya dilengkapi dengan penerima radio FM yang bisa menjadi jembatan untuk membocorkan data dari komputer ke ponsel. Dengan menggunakan monitor komputer standar dan gelombang radio FM data dari komputer yang terisolasi tersebut bisa dipindahkan ke ponsel terdekat.

Sumber: cyber.bgu.ac.il via Engadget