Menghapus Foto yang Bikin Malu di iOS

mn4pnijjqppitoqnqaxnMenghapus foto Anda atau foto bersama pasangan yang kemungkinan suatu waktu bisa membuat malu, seperti yang dialami Jennifer Lawrence di iOS Apple ternyata tidak semudah dibayangkan. Banyak orang yang mengira, mungkin dengan menghapus satu kali saja, foto tersebut sudah hilang.

Para ahli keamanan mengatakan bahwa menekan delete untuk menghapus foto di iPhone atau iPad tidak selalu menghapus foto sepenuhnya atau pada saat itu juga. Menghapus hanya memberitahu iPhone atau server cloud Apple untuk menyembunyikan file sampai pada akhirnya akan ditimpa oleh data lain.

Setelah dihapus, pengguna tidak dapat melihat foto-foto yang telah dihapus tersebut pada iPhone/iPad, tetapi kalau telepon/tablet dipindai foto-foto tersebut masih bisa ditemukan.

Nah, untuk memastikan apakah foto Anda yang memalukan tersebut sudah sepenuhnya terhapus, Anda perlu menempuh beberapa langkah berikut ini.

1. Hapus Foto di tab Photo bukan di Album

Di iOS 7 sering terjadi kesalahan di mana pengguna menghapus foto di salah satu antara dua, yaitu Camera Roll atau Photo Stream. Menghapus foto dari Camera Roll tidak akan menghapus foto dari Photo Stream, dan sebaliknya. Anda harus menghapus foto di kedua tempat, kecuali jika Anda melakukannya pada tab Photo. Jika menghapus foto melalui tab Photo, foto akan terhapus, baik di Photo Stream maupun di Camera Roll.

2. Di iOS 8, Hapus juga Foto dari Recently Delete

Seperti di iOS 7, Anda tidak bisa hanya menghapus foto dari album iOS 8. Anda harus menghapus pada tab Photos. Menjengkelkan karena foto yang baru Anda hapus dikirmkan ke Recently Deleted dan bila Anda tidak melakukan apa-apa, foto tersebut akan tetap di sana selama 30 hari berikutnya. Jadi jika Anda ingin foto tersebut menghilang saat itu juga, hapus juga foto di Recently Deleted.

3. Hapus Foto di Shared Stream

Menghapus foto di tab Photos tetap belum membuat foto tersebut hilang selamanya karena mungkin saja foto tersebut sudah Anda bagi sebelumnya. Untuk memastikannya terhapus, hapus juga foto yang ada di Shared Stream.

4. Hapus Foto di Backup

Jika foto sudah menjadi bagian dari backup, Anda harus menghapus foto yang ada di backup tersebut. Caranya mudah, buka iCloud, kemudian Storage & Backup, pilih Manage Storage dan tekan Backup to Delete.

5. Jangan Kirim Foto ke iCloud

Karena kemungkinan bisa disusupi, ada baiknya Anda tidak mengirim foto Anda ke iCloud. Peristiwa yang dialami oleh beberapa selebriti baru-baru ini karena iCloud yang disusupi oleh hacker.

Sumber: Huffington Post

Sumber Gambar: Gizmodo