Samaritans Radar untuk Pencegahan Bunuh Diri

amandatodd1

 

Zaman yang makin maju memiliki ekses tersendiri. Kini banyak ditemukan orang bunuh diri, contohlah artis-artis Korea Selatan. Selain itu, korban bullying terkadang melakukan bunuh diri karena beban yang tidak sanggup lagi mereka pikul. Untuk itu, tentu sebuah langkah pencegahan terhadap bunuh diri perlu dilakukan.

Adalah Samaritans, sebuah badan amal pencegahan bunuh diri yang berusaha untuk mengetahui tanda-tanda bunuh diri dengan menambang informasi dari Twitter dengan merilis sebuah situs yang disebut Samaritans Radar.

Situs ini akan menandai tweet yang berpotensi mengkhawatirkan yang mungkin luput diperhatikan ketika pengguna Twitter mendaftarkan nama mereka di Twitter.

Situs tersebut dibangun oleh sebuah agensi digital yang disebut Jam bisa menganalisis tweet untuk frase dan kata kunci yang dapat menunjukkan seseorang berada pada risiko bunuh diri, kemudian mengirimkan email kepada teman yang terdaftar Samaria Radar untuk saranyang bisa membantu.

Frase yang dianalisis termasuk tired of being alone, hate myself, depressed, help me dan  need someone to talk to. Samaritans mengatakan bahwa   algoritma yang digunakan akan terus berkembang dalam beberapa bulan mendatang untuk menghindari kepalsuan positif.

Samartans Radar masih dalam tahap awal dan tidak akan bisa benar setiap kali melakukannya analisis. Samaritans Radar tidak baik untuk sarkasme atau lelucon. Namun demikian terdapat cara bagi pengguna  untuk memberikan umpan balik tentang apakah Samaritans Radar memberikan peringatan dengan benar sehingga meningkatkan layanan untuk semua.

Adalah sebuah usaha yang sangat bagus yang diupayakan oleh Samaritans untuk mengetahui tanda-tanda seseorang hendak bunuh diri. Seiring dengan kemajuan dunia, dipercaya bahwa tingkat bunuh diri akan semakin meningkat. Tentunya akan sangat banyak nyawa melayang sian-sia karena bunuh diri yang mungkin disebabkan oleh masalah yang sepele.

Setidaknya adanya situs yang mampu mengenali tanda-tanda hendak bunuh diri tersebut bisa memberikan peringatakan awal dan memberikan pencegahan atau bantuan sehingga bunuh diri tersebut tidak terjadi.

Sumber: The Guardian

Sumber Gambar: seattlechildrens.org